Monday, September 22, 2008

KBB #7 Warna-warni (Lomba baking) : Wiener Apfelstrudel

HAPPY BIRTHDAAAYYYYYY.....

Duuh, bener2 ga berasa deh ternyata KBB udah 1 taon nih. Senangnya, bisa tambah temen, tambah pengalaman, tambah ilmu baking, tambah.. apa lagi ya?? *mikiirrr... * oya, tambah deg-degan!! hehehe. Apalagi kalau pe-er dua bulanan udah mulai disebarin, trus deadline udah makin mepet padahal pe-er nya belom dikerjain. Waks, pasti deh di milis, mba Arfi atau host udah mulai tereak-tereak ngingetin supaya ngumpulin tugas :D.
Kali ini tantangannya seru banget. Ada 3 macem lomba : lomba masak, lomba baking dan lomba foto. Tadinya pengen ikutan tiga-tiganya, tapi setelah mengingat dan menimbang akhirnya memutuskan untuk be realistic aja deh. Ngaku kalo sy jarang banget masak. Dirumah ada bibi yang masakin makanan sehari-hari. Kecuali kalau memang mau bikin masakan yang aneh baru deh bikin sendiri. Jadi, sy ikutan lomba baking dan lomba foto aja lah.
Tapi, dari awal udah bingung mau bikin apa, no idea!!!. Ngubek-ngubek buku dan majalah ga ada yang sreg atau bahannya agak impossible didapet disini. Sampe akhirnya, pas lagi beresin folder kumpulan resep yang udah ga karuan susunannya, nemu resep apel strudel (Wiener Apfelstrudel) yang diposting oleh mba Irma. *Ah thanks ya mba, mhuaah..* Disini kulitnya ga pake filo pastry, tapi cukup tepung terigu aja. Oke deh, akhirnya siapin bahan dan waktu buat ngerjain. Dan ternyata oh ternyata, waktu berlalu cepet banget. Ngga terasa udah mepet ke jadwal kita mudik.. o ow. Harus dikerjain sekarang, karena kalo udah ada di Bandung, niscaya deh kalang kabut. *sampe diomelin misua kapan mulai packing.. untung hasilnya nyam nyam.. jadinya malah dapet pujian hehehe*



Nanya ke opa wiki tentang Apfestrudel, ini copas-nya yaa..

Apfelstrudel
From Wikipedia, the free encyclopedia

Apfelstrudel ("Apple strudel") is a traditional pastry of Austria and a popular dish in many countries that once belonged to the Austro-Hungarian empire. It is the most widely known kind of strudel.
Apfelstrudel consists of an oblong strudel pastry jacket with a filling of chopped apples, sugar, cinnamon, raisins and bread crumbs. Rum is sometimes used to add flavour. Other ingredients include pine nuts, walnuts, or slivered almonds. The art of preparation is in making the pastry very thin and elastic; it is said that a single layer should be so thin that one could read a newspaper through it.

The filled Apfelstrudel is baked in an oven and traditionally is served warm, usually sprinkled with powdered sugar. Toppings of vanilla ice cream, whipped cream or vanilla sauce are also popular in other countries (although the latter is strongly opposed by the Viennese).
A juicy Apfelstrudel should be baked with good cooking apples that are tart, crisp, and aromatic.

Okeh deh, setelah cukup tambahan ilmunya sekarang mulai baca proses bakingnya aja yaa..


Wiener Apfelstrudel

Sumber: DR. OETKER, German Baking Today, The Original.
about 12 pcs
Posting by Irma di milis NCC Dec 18, 2006

Bahan adonan strudel

200 tepung terigu
sejumput garam
75 ml air hangat
50 gr mentega cair atau 4 sdm minyak makan

Bahan filling

1- 1,5 kg apel (mis: Cox Orange atau Elstar) (pake granny smith)
2-3 tetes rum essence (ngga pake)
1-2 tetes lemon essence (ngga pake)
75 gr mentega/margarine
50 gr breadcrumbs
50 gr kismis
100 gr gula pasir
1 sdt vanili bubuk (atau 3 tetes vanilla essence dicampur dgn 1 sdm gula)
50 gr almond cincang (pake almond sliced)
Kayu manis secukupnya

Cara membuat:
Untuk membuat adonan strudel:


Ayak tepung, campur dengan semua bahan lain di mangkuk.
Uleni sampai kalis.
Rebus air di panci kecil sampai mendidih, buang airnya, keringkan pancinya, alasi dgn baking parchment, tempatkan adonan di panci tsb, tutup dan diamkan 30 menit.

Preheat oven 180°C/160°C (fan)
Alasi loyang dgn kertas kue, sisihkan.

Untuk membuat filling:

Apel dicuci, kupas, potong-potong kotak kecil. Campur dengan bubuk kayu manis.
Campurkan essence lemon dan rum, aduk rata. (ngga pake)
Cairkan mentega.

Proses pengisian:
Gilas adonan strudel di atas selembar kain (tea towel) yg diberi sedikit terigu.
Sapu dgn sedikit mentega cair kemudian tarik dgn tangan hingga membentuk ukuran 70x50cm.
Trim ujung-ujungnya bila lebih tebal dari bagian tengah.
Sapu lagi dengan 2/3 dari mentega cair.



Taburi breadcrumbs di atasnya, sisakan ujungnya sekitar 3 cm tdk terkena breadcrumbs.
Taburi dgn potongan apel, kismis, gula, vanili dan almond.


Lipat ujung pendek, bagian yg tidak diberi isi tadi ke arah dalam.
Dengan bantuan kain, gulung adonan mulai dari bagian panjang, tekan ujungnya sampai rapat.
Letakkan strudel di loyang, sapu dgn sedikit mentega cair, panggang.
Setelah 30menit, sapu permukaan strudel dgn sisa mentega cair. (sy ditambah dengan campuran kayu manis dan gula pasir)
Bakar lagi sekitar 20 menit.
Setelah matang, strudel dapat disajikan dingin atau panas bersama saus vanili dan ditaburi dgn bubuk kayu manis.

You could also make 2 small strudels instead of 1 large one.



Seleseiiiii..... I LOVE U KBB :D

6 comments:

Raphaelle Bakes said...

hemm...yummy..mau donk...

mae said...

cakepnyaaaaa... aku juga mau dooonk !!! met ultah KBB :D

Nonon said...

yummy...

sukses ya, teh...

Ema said...

duuhh yg mo mudikk ke banduung ikuttt..., btw bawa apel strudel nya sekalian ya..hehehe.., cakep hasilnya...:)

Arfi Binsted said...

gud lak!!

Rita said...

Sof... nyoba apfelstrudelnya yah buat dessert nanti...

Blog Widget by LinkWithin