Sunday, October 4, 2009

KBB #13 : 2nd Anniversary_Cake Decorating Competition

Alhamdulillah.... selesai juga kedua tantangannya :))
Tadinya pesimis kalau saya bisa mengerjakan tantangan buat cake decorating juga. Soalnya, waktu sudah sangat mepet. Padahal fondant yang diwarnai merah sudah diperam 1 minggu sampe hari ini. Karena lihat karya temen2 akhirnya kok kepengen berpartisipasi juga, apalagi setelah Ayu ngasih semangat supaya ide saya dibikin aja jangan cuma disimpen di otak hehehe...





Untuk ulang tahun kali ini tema yang diangkat adalah Merah Putih: My Heart, My Soul, My Creation. Kriteria dan syarat-syarat perlombaan bisa dilihat disini ya.

Bulan Agustus, September dan Oktober adalah bulan2 yang penuh dengan kemenangan. Mulai dari hari kemerdekaan Republik Indonesia, hari raya Idul Fitri 1430H, hari batik nasional dan hari ulang tahun KBB *horreee...*.  Nah, sebenernya ide membuat pola motif batik sudah muncul sejak awal2 dari diterimanya surat cinta. Tapi seperti yang sudah saya ceritakan disini, ide tersebut hampir saja terkubur dalam2 di otak saya. File hasil googling gambar batik merah saya buka kembali, dan diputuskan gambar batik ini yang akan saya bikin untuk dekorasi kuenya. Saya belum tahu pasti nama motif batiknya. Ntar saya cari tau deh..

Ini gambar batiknya :




Cake batik merah



Bikin cakenya pilih yang simple saja, supaya meminimalisasi kegagalan dan menghindari kebetean.
Saya pake resepnya Hershey's, bikinnya gampang tinggal aduk bahan kering tambah bahan cair dan dikocok sebentar saja. Bikinnya cuma 1/2 resep saja dan menggunakan loyang bulat diameter 18cm. Supaya irit fondant hehehe...




Fondantnya saya hanya pake sekitar 250gram saja. Diambil sepertiga bagian untuk diberi pewarna merah merek Trans. Untuk itu saja hampir menghabiskan 1/4 botol pewarna sampai mendapatkan warna cabe yang sesuai, baru kemudian diperam beberapa hari. Yang ini mungkin karena 1 minggu masa pemeramannya jadi warna merahnya keluar banget. CMIIW okey?


proses lagi 1


Bagian tersulit bagi saya adalah pada saat membuat bentuk-bentuk motif batiknya. Pertama, bikin outline bunga dicetak diatas kue dengan menggunakan ujung tusuk gigi, supaya kita tahu posisi tepat kelopak2 bunganya nanti. Kemudian pola kertas digunting satu-satu, dan dijiplak dengan cara sama diatas fondant putih. Setelah dipotong langsung diratakan pinggiran2nya dengan tangan atau dengan batang tusuk gigi untuk daerah lekukan yang kecil2. Susun diatas kue sesuai dengan pola outline tadi. Kerjakan untuk semua kelopak bunga juga bunga kecil ditengah. Baru kemudian direkatkan dengan menggunakan air.


proses lagi 2


Seleseeeiiiiii.....
Leggaaaa deh.. ngeliat hasil akhirnya juga cukup puas. Soalnya tangan, bahu dan pinggang udah ikutan pegel dan kesakitan. Maklum, ngga punya peralatan untuk fondant, potong2 bentuk berukirnya pake pisau dapur heheh...


cake batik 6 nama





Okeh deeh.. c u di tantangan bulan depan :))

11 comments:

ayu said...

Kwerreeeeenn! Wuih, nampaknya saya musti coba pewarna trans inih, merahnya cakeb banged. Apalagi diperem 1 minggu. Hasilnya cuanteeekk banged! Kasih jempol2 mbak Sofie balik aaaaah ;)

Sofie said...

makasih Yu... :))
masih jauh banget lah sama temen2 yang udah jago banget ngedekor.

iya awalnya agak2 sangsi warna merahnya kok butek gitu. Tapi terus aja ditambah sampe dapet warna cabe genjreng, baru deh diperam.

Klub Berani Baking said...

warnanya cantik, Sofie.

ab

Sofie said...

mba arfiiiii...
makasih yaa, makasih juga udah dateng. udah lama loh ngga ke rumah sy hehehe...

mamavino said...

kereeen.. merahnya gonjreng.. sip banget!
gimana spy dpt warna begini jeng sofie?

Ely said...

Cantik..., merahnya juga dapet.
Kirain mbatiknya pake royal icing, nggak taunya pake fondant juga... hebat euy, telaten banget.

Zita said...

Aww... kreatif banget, ngebatik di kue... hasilnya cantik bener, warna merahnya pas gitu... foto yg utk lomba jg keren :)

Sofie said...

@ Vivi : makasih yaa.. itu merahnya lumayan banyak pake pewarna. jd menurut sy sih, sebelum diperam si merah harus udah ngegenjreng juga. ntar lama2 tambah pekat gini deh.. Ayoo dicobain, pake fondant dikit aja dulu

@ Ely : hehe.. iya penasaran sih liat temen2 yang suka bermain fondant kok kyknya asik banget. Emang jadinya kok bikin nagih yaa.. :))

@ Zita : makasih ya mba :). Kl soal foto sih.. heheh.. ajarin dong biar bisa motret keren kyk mba zita :D

yohana said...

mbak sofie, keren...keren..keren...gak sia2 memeram fondant 1 minggu kalo hasilnya sekeren ini....
selamat juga untuk kemenangannya....emang layak menang banget

Sofie said...

makasih Yo..
itu si fondant ampir aja mubazir tidak terpakai, tadinya mau nyerah aja ngga diapa2in. Ternyata ada hikmahnya juga.. heheh... :)

camelia said...

Goedendag

Uw blog heeft, dankzij de kwaliteit van de recepten, onze aandacht weten te trekken.

We zouden het op prijs stellen mocht u hem op Ptitchef.com inschrijven zodat we hem in ons bestand kunnen opnemen.

Petitchef is een gids die naar de beste culinaire websites verwijst. Meerdere honderden blogs hebben zich reeds geregistreerd en kunnen hun website dankzij Ptitchef aanprijzen.

Indien u zich op Ptitchef wenst in te schrijven, kan u naar http://nl.petitchef.com/?obj=front&action=site_ajout_form surfen of naar http://nl.petitchef.com om vervolgens op “Uw eigen blog toevoegen” te klikken in de balk bovenaan.

Met vriendelijke groeten

Vincent

http://nl.petitchef.com

Blog Widget by LinkWithin