Monday, May 23, 2011

KBB #23: Chessy Fun

Yaaayyy.... it's KBB time again..



Tidak berasa yah udah waktunya bikin tantangan di KBB lagi. Kali ini temanya serba keju, ada ricotta, ada maskarpone.. ooopppsss... *liat isi dompet*. Selain keju, isiannya ada manisan aprikot, sultana (temennya kismis), dan kacang-kacangan. Pfiiuuhh.. lumayan kelas berat nih ongkosnya :D.

Tapi ngga masalah, karena hasilnya ternyata enaaaakkkkssss.... Cheese cake-nya ngga mblenger atau mahteg (bener nulisnya ngga ya?), soalnya kadang cheese cake suka bikin eneg. Versi ini rasa kejunya pas, bercampur dengan asem seger dari lemon, dan manis buah aprikot + sultana. Cheese cake-nya dibalut oleh crusty kacang beraroma kayu manis + brown sugarnya bikin klepek-klepeeekkk...

Lemon cheese cake

Lemon Cheesecake
Sumber: Successful Baking
Untuk 8-10 porsi

Bahan-bahan : (sy bikin untuk 250 gr ricotta, yang lainnya menyesuaikan)

¼ cup port (sejenis wine) --> sofie: air jeruk lemon
¼ cup orange juice (sofie: air jeruk sunkist)
75g sultanas
150g mascarpone
400g ricotta
125g gula kastor
2 btr telur, pisahkan kuning dan putihnya
3 buah lemon, parut kulitnya
60g tepung terigu
80g manisan apricot, iris tipis

Crust:
30g mentega tawar
185g kacang2an, haluskan (sofie: kacang mede)
8 sdt gula kastor
4 sdt dark brown sugar
½ sdt bubuk kayu manis
¼ sdt bubuk mixed spice (sofie : bumbu lapis legit)


Panaskan oven 170C. Siapkan loyang ukuran 23cm (sofie: loyang 20cm), olesi dasar dan sisi2 loyang dengan mentega leleh. Alasi dasar loyang dengan baking paper, lalu olesi mentega leleh.

Panasi port, orange juice, dan sultanas di dalam panci selama 5 menit. Angkat dari api, tutup dan biarkan selama 15 menit.

Crust: panaskan mentega hingga leleh, masukkan kacang2an, semua gula dan rempah-rempah; aduk rata. Letakkan di dasar dan sisi loyang, tekan-tekan supaya padat dan melekat.

Kocok mascarpone dan ricotta hingga lembut, lalu masukkan gula, kuning telur dan parutan kulit jeruk, lalu masukkan tepung, aduk hingga rata dan lembut. Masukkan campuran sultanas-port-orange juice dan apricots.

Kocok putih telur di dalam mangkuk yang bersih dan bebas lemak hingga soft peaks. Masukkan putih telur kocok ke dalam campuran keju. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya.

Letakkan loyang ke atas loyang oven/loyang biscuit (oven tray/baking tray), panggang selama 1 jam, atau hingga permukaan cheesecake set tengah2nya dan berwarna emas kecoklatan di sekelilingnya. Matikan oven. Biarkan cheesecake di dalam oven dengan pintu dibuka sedikit selama 50-60 menit.

Keluarkan cheesecake dari oven. Gunakan pisau tumpul secara perlahan ke sekeliling cheesecake, lalu biarkan hingga betul2 dingin. Keluarkan cheesecake dari loyang dan dinginkan dalam kulkas selama 2 jam sebelum disajikan.

Tips: olesi mentega leleh ke sekeliling loyang agak tebal sehingga crust kacang akan terbalut secara merata.


LCC proses 1


Proses bikin crust-nya lumayan ngabisin waktu. Sebelum dihaluskan, kacang mede dipanggang sebentar karena menurut mbak Emma Isti kacang sebaiknya dipanggang dulu supaya harum kacangnya lebih keluar. Tapi jangan terlalu lama supaya nanti pas dipanggang dengan cheese cakenya si crust ngga gampang gosong. Kacangnya dihaluskan betul yah, soalnya kalau masih kasar nanti gampang ambyar crust-nya.

LCC proses 2

Bikin cheese cake ngga terlalu masalah. Tinggal ikutin resep, jadi deh...
Yang lama lagi yaitu saat memanggang. Setelah selesai memanggang, cake harus tetap didalam oven. Biarkan dingin, masuk kulkas. Kalau belum set trus dicoba dikeluarkan dari loyang, resiko ancur crust-nya. Saya tidak punya springform, jadi pakai loyang biasa saja tapi dasar dan pinggir bagian dalam loyang dialasi dengan aluminium foil dulu. Tetep bisa kok.. hanya memang harus lebih hati-hati mengeluarkannya.


Lemon cheese cake

Oya, sebelumnya saya ikutan ngerjain bareng-bareng temen KBB bandung di rumahnya Lina. Yang bisa ikut cuman berenam aja, tapi tetep seru kok. Sambil nunggu cake mateng, ngegosip ngalor ngidul dengan mulut ngga berhenti ngunyah. Seruuu.... Tapi karena saya udah keburu ada yang ngejemput, ngga sempet foto hasil akhirnya. Jadi mini LCC dibawa ke rumah, tapi sayang pas difoto kok hasil jepretannya ancurrr *huhuhu* udah nungging sana-sini juga tetep aja jelek. Tapi jadi ada alesan buat ngebikin ulang, padahal emang karena doyaaann heheheh....


mini Lemon Cheese Cake



Updated:
Di facebook, mba arfi bilang lihat email. Ada apa nih? buru2 deh cek disana, dan ternyataaa... wwwooooowww... dapet logo dibawah ini nih *jingkrak-jingkrak*. Makasiiih yaaa mbaa..

2 comments:

Unknown said...

asyiiik suka juga ternyata. hihihi emang ga eneg ya ciskeknya. great photo, Soph.

Sofie said...

bener mba... ini maknyoosss...
makasiiih buat logo fantastic photo nya yaaa.. :)

Blog Widget by LinkWithin