Sunday, November 30, 2008

KBB #8 : Bitter Chocolate Peppermint Biscuits










Rekor baru terpecahkan sodara-sodara..
Baru kelar ngumpulin pe-er KBB bener2 last minute, jam 11 malem waktu Indonesia bagian Bangka. Ya maksudnya sama aja WIB :D.
Kapok deh, moga2 ngga diulangi lagi. Dag dig dug nya itu yang ngga kuat. Udah mepet, pas mau kirim laporan mati lampu pula.. huhuhu… (Mau curhat dulu, sekarang ini hampir tiap hari mati lampu. Kalau lagi parah, 1 hari bisa berkali-kali matinya.. @)$**#$&*^@#... )

Alesannya? Klise banget deh. Sejak ngga ada pembantu lagi dirumah, waktu bener2 ilang tanpa bekas. Mulai dari pagi nyiapin anak sekolah, beres2 rumah, pergi ke rumah sakit, sore nguli lagi sampe malem, trus.. STOOOPPP!!! No excuse pliss.. hehehe.. Klise kan? Okeh.. okeh.. kita langsung ke laporannya aja yuuk.

Kali ini host kita mba Ellen *duuh.. mba, bener2 sori yaa.. jadi ngga enak ati nih*. Temanya biskuit coklat dicampur rasa mint, penampakan mirip biskuit Timtam. Dari awal di milis udah rame cari alternatif kalo sampe ga nemu esen mint. Ada yang pake permen peppermint, ada yang bikin dari daun mint segar. Awalnya pengen juga nyoba pake permen mint, soalnya disini mana ada daun mint segar apalagi esen mint. Tapi ternyata waktu dan badan sangat tidak bersahabat, akhirnya cari jalan pintas : minta kirim dari Bandung hehehe.. *yang penting usaha*.

Ini resep dan pembuatannya ya




Bitter Chocolate Peppermint Biscuits
Source: Donna Hay for Canvas, NZ Herald.


185g butter, softened / 185g mentega, lunakkan (di suhu ruang)
1 cup caster sugar / 1 cup gula kaster (1 cup-nya sy ukur jadinya 150 gram)
1 egg / 1 btr telur
2 cups plain flour / 2 cups tepung terigu
½ tsp baking powder / ½ sdt baking powder
1 cup icing sugar / 1 cup gula tepung
1 tsp peppermint flavouring / 1 sdt peppermint flavouring (cuman pake ½ sdt aja)
2 Tbs water / 2 Tbs air
200g dark chocolate (70 per cent cocoa) / 200g dark chocolate (70 per cent cocoa) (pake yang biasa aja)
1 cup cream / 1 cup krim (pake 60 gram susu cair + 2 sdm margarine)


Cara membuat :
Panaskan oven, suhu 180C. Letakkan mentega dan gula di dalam mangkuk mixer dan kocok hingga ringan dan creamy, tambahkan telur dan kocok rata. Ayak tepung dan baking powder di atas adonan telur dan aduk hingga tercampur rata.

Uleni adonan dengan lembut supaya adonan tercampur rata. Gilas adonan di antara dua baking paper hingga tebalnya berukuran 2mm. Diamkan di kulkas selama 30 menit. Potong-potong persegi panjang dengan ukuran 36 x 7 x 5cm. Letakkan ke atas loyang biskuit yang dialasi baking paper dan panggang selama 5-6 menit atau hingga kecoklatan. Biarkan dingin di atas loyang tersebut..

Campur gula tepung, peppermint flavouring dan air, aduk hingga licin. Sisihkan. Campur coklat dan krim di atas panci dengan api kecil dan aduk hingga coklat leleh dan licin tercampur rata. Sisihkan.

Rapatkan tiga lembar biskuit dengan peppermint icing. Ulangi dengan sisa bahan. Olesi rak tipis2 dengan margari/mentega dan letakkan di atas loyang. Letakkan biskuit di atas garpu, celupkan ke dalam adonan coklat, letakkan ke atas rak dan dinginkan di kulkas selama 2 jam atau hingga mengeras.




Sebenernya sih secara keseluruhan proses bikinnya berjalan lancar. Hanya saja, agak kesulitan memperlakukan si adonan yang lembek. Bolak-balik masuk kulkas biar kaku. Tapi baru sebentar aja dikeluarin udah lembek lagi. Akhirnya, setelah digiling dan diukur, langsung dibalik diatas loyangnya, tanpa dipisah2in dulu. Trus meskipun ditulis 5-6 menit, ternyata oven sy sih lebih lama lagi manggangnya, entah karena apa. Padahal termometer otang sih udah di 350 der F alias 180 der C.
Oya, ada kecelakaan kecil. Pas lagi mau muter posisi Loyang dlm oven, tiba2 si loyang meluncur dan mendarat dengan mulus di lantai.. huaaahhhh.. untungnya yang pecah cuman sedikit .

Mau tau hasil dan rasa akhirnya? Hhhhmmmm.. eeeuuunaaaakkk.. my hubby aja sampe doyan banget. Manisnya pas deh ditambah sembriwing hangat si mint dan kriuk-kriuk biskuitnya.. Penasaran kan? Sok atuh dicobain bikin.. :D

C u guys

6 comments:

Unknown said...

syukuuuur ada yang doyan hihihi...!! well done, sof.

A. Ann said...

Kikikikik..salam last minute..:-)

Mira G. Lestari said...

salam kenal Teh Sofie. Sama-sama di Bandung kita nih :))

~Atiek~ said...

Penuh perjuangan juga nih...hehe..
Tapi tetep keren koq .. Sofie gitu lho..

Syanti Dewi said...

hihihi , untung beres juga tuh PeeR , salam KBB juga ah ;)

Sofie said...

@ Arfi : iya mba, ga disangka tnyt suami doyan banget hehehe

@ Anne : hihi.. sttt.. nanti dimarahin mb arfi :D

@ Mira : haaiiii salam kenal juga :D

@ Atiek : bener mba, sampe ngos2an. Ah mba atiek mah.. jadi ge-er nih..

@ Tie : emberrr.. :P

Blog Widget by LinkWithin