Monday, November 30, 2009

KBB #14: White Bread

Haii.. haiii... ternyata udah tantangan ke-14 nih :D. Ngga berasa ya?
Dua postingan terakhir saya isinya tentang tantangan sebelumnya, ternyata memang jarang diupdate nih.. Apalagi sekarang Alhamdulillah kami diberikan berkah untuk mempunyai anak lagi. Yup, sekarang saya sedang hamil 10minggu. Jarak dengan anak pertama kami lumayan jauh, Salma sekarang sudah 7,5 tahun. Jadi berasa hamil pertama lagi. Mual-mual hebat, pusing, mabok, lemas, ngga kuat mencium yang aneh-aneh, bahkan masuk dapur pun ngga bisa. Bayangkan, sekarang saya susah makan nasi putih, eneg kalo minum air putih, makanan daging2an tidak berselera, ikan2an apa lagi... uuuhh.. harus jauh2 deh. Maka sebab dari itu, blognya jadi ngga diisi, ngga ada yang dibikin. Kalaupun bikin sesuatu, males banget mau motretnya. Mood motret pun ilaaanggg.... huhuhu...

Ooppss.. balik lagi ke KBB yaa..
Jadi nih, tantangan kali ini kita harus bikin roti putih (white bread). Aneh juga ya kalo diterjemahin? Mungkin terjemahan yang lebih enak adalah roti polos? heheh.. tambah aneh. Ah apa lah itu...
Tapi, bikinnya ngga pake resep, lah trus pake apa dong? Pake itung2an alias Baker's Percentage. Whuaah.. susah dong? Tenang.. ternyata simple aja kok. Malah gampang, kita bisa bikin berapa banyak sesuai kebutuhan atau maunya kita sendiri.




Ini dia caranya : (untuk lengkapnya lihat DISINI)

White Bread, variation 1
Source: The Bread Baker’s Apprentice by Peter Reinhart, 2001, page 265-267

Ingredients - Baker’s Percentage
Bread flour - 100%
Salt - 1.8%
Granulated sugar - 7.7%
Powdered milk (Dried Milk Solid) - 6.2%
Instant yeast - 1%
Egg, slightly beaten at room temperature - 7.7%
Butter, room temperature - 7.7%
Water - 62.8%




White Bread

Saya pakai takarannya begini :

Terigu          300 gram
Garam           5,4 gram
Gula pasir       23 gram
Susu bubuk 18,6 gram
Ragi                3  gram
Telur            23,1 gram
Mentega      23,1 gram
Air             188,4 gram
(Semua pecahan dibulatkan saja)





Cara membuat :
Step by step pembuatannya dilihat disini lagi aja yaa... saya tampilkan fotonya saja. Karena entah kenapa tiap kali kopas dari word kok jadi error blogspotnya *bingung...*

Langkah 1 :



Langkah 2 :



Yang udah jadiiii....

White Bread _ Buns



Seru juga bikin roti kali ini... 
Tenaga bener2 terkuras, karena saya lagi bener2 males ngeluarin mixer padahal tenaga lagi pas2an. Alhasil setelah selesei ngulenin roti, badan langsung gemeteran, mual2 hebat, keringet dingin dan tumbang deehh. Setelah beres shapping langsung dimasukin ke freezer aja, baru keesokan harinya dibakar. 


Oya, ada beberapa step yang saya lewati disini. Adonan roti tidak saya lembabkan dengan spray oil ataupun dengan cara lainnya. Saya hanya menutupnya dengan lap saja. Trus, ternyata kalau roti dioles dengan hanya susu saja, hasilnya hanya kecoklatan kering. Tapi kalau dicampur antara kuning telur dan susu hasilnya coklat mengkilap seperti foto buns yang diatas. 


Ini ada tips dari The Prepared Pantry untuk polesan roti : 
For a bronze glaze, use an egg yolk. For a clear glaze, use only the white. For something in between use the entire egg. To make the glaze, whisk up to one tablespoon of water with the egg. Brush the tops of the rolls with the glaze just before baking.

Untuk membuat Kaiser rolls seperti foto paling atas, caranya ada disini yaa... 




Menurut saya, hasil akhirnya paling pas memang untuk roti tawar. Ntar bisa dioles selai, atau dijadikan burger. Kalau untuk jadi roti manis atau asin kayaknya kurang pas ya.. ah tapi tergantung selera juga dink :D







Okey teman2... c u in the next challenge

7 comments:

Arfi Binsted said...

cantik banget yang bentuk croissant, Sofie :) well done!

Mira Assjarif said...

Salut.. Lagi mabok hamil tetep komit ngerjain tantangan. Hebat.. Semoga lancar dan sehat selalu kehamilannya sampai due date ya Teh. :))

DeeA Journey said...

waahh..kayaknya mang lebih enak kalo masak pakai persen-persenan ya, hitungan timbangannya jadi lebih enak. Makasih lhoo, postingannya. (psst..kalo error copas dari word, coba copas dulu ke notepad, tips juga nih, he3)

Sofie said...

@ mba Arfi : makasih mba, nyesel juga yang dibentuk begitu cuman 2 biji hehehe..

@ Mira : kabita atuh da Mir :P.. amiin.. nuhun nya :)

@ DeeA : thx udah mampir n thx buat tips-nya, ntar dicobain aah..

Ema said...

sofiee.., congrats dgn kehamilannya ya..semoga cepat nular ke diriku hehehe....

btw rotinya jg cantik deh...:)

Sofie said...

@ Teh Ema : nuhun Teh.. amiin.. mudah2an cepet nambah momongan juga :)

azamna said...

waah resepnya oke2 teh mantab! ;) jd langkah utk bikin white bread gmn ya? hehe. soalny link KBB yg di atas ud g bs dbuka lg yg laman itu..

Blog Widget by LinkWithin