Wednesday, August 11, 2010

Apple Yoghurt Cake

Hari ini sudah mulai memasuki bulan Ramadhan. Tidak berasa waktu cepat berlalu ya? Masih kebayang setahun yang lalu, kami bertiga melalui bulan puasa di Bangka, puasa pertama jauh dari sanak saudara, pembantu dan pasukan-pasukan lainnya hehehe..

Sekarang kami sudah pulang lagi ke Bandung, tempat dimana makanan gampang banget dicari. Kalau males bikin tinggal beli aja, tapi ya efeknya dompet bisa jebol :D. Imbas yang laennya, kesempatan untuk mencoba bikin sendiri jadi lebih menipis lagi (baca : males).

Kemaren lagi iseng buka-buka file resep di komputer, dan nyangkut diresepnya mba Vania. Sepertinya enak nih, kebetulan dirumah ada apel meskipun tinggal satu biji. Saya bikinnya 2/3 resep supaya pas masuk ke loyang 30x10x4cm (1 buah). 

apple yoghurt cake


Apple Yoghurt Cake
Sumber : Vania

200 gr margarine
150 gr caster sugar
3 eggs
250 gr flour
¾ tsp baking soda
½ tsp baking powder
200 ml plain/natural yoghurt
3 green apples (±350 g). Peel, thickly slice the apple Put into salt water.
50 gr toasted slivered almonds

Mix together :
75 gr palm sugar or brown sugar
25 gr caster sugar
1 tsp ground cinnamon

1. Line loaf pan 11x30x7cm with baking parchment. Lightly grease it and flour the base.
2. Cream together margarine & sugar in bowl until light & fluffy. Gradually add the eggs, beating well after each addition.
3. Fold flour, baking soda, baking powder into the mixture until well combined. Fold yoghurt, mixing well.
4. Pour a half mixture into the prepared pan, arrange a half of sliced apples over the mixture & sprinkle with a half of sugars mixture. Repeat with the next layer.
5. Bake in a preheated oven at 180C for 1 hour or until a toothpick inserted in the middle of the pan comes out clean.

Rasanya yummy deeh... cake-nya lembut, cinnamonnya mantap...Meskipun waktu bikin kemaren tuh ada yang lupa step-nya. Lapisan paling atas harusnya si sisa gula langsung ditabur diadonan, tapi saya baru inget setelah setengah jalan manggang. Jadinya lapisan atasnya ngga nyatu sama cake-nya. Tapi soal rasa tetep ennyaaakkk... :D

2 comments:

Sri Kurniati Sutrisno said...

mbak, di translate napa sih mbaaakk :(

Sofie said...

hehehe.. soalnya kopas dari blognya mba Vania juga pake bahasa inggris, jadi sy males nulis translatenya..
okay ntar ditulis versi indo nya yaa

thanks udah mampir

Blog Widget by LinkWithin