Friday, May 18, 2007

Bikin Pizza

Liburan panjang kali ini diisi dengan keinginan yang udah lama banget ga pernah kesampaian... bikin kue!! Biasanya khayalan bisa masak cuman bisa diwujudkan dalam bentuk buka2 milis dan bikin file2 nya aja. Sekalian memenuhi janji sama anakku Salma yang udah nagih2 pengen dibikin pizza dari beberapa minggu yang lalu, sekaranglah waktu yang tepat banget..

Akhirnya coba bikin deeh.

Salma pun ikutan bantuin dari mulai nuangin bahan2nya sampe dia giling2 sendiri lho.. Asiik banget deh, ini bener2 moment yang jaraaang sekali... maklum alasan klise: sibuk! hehe

Ini dia resepnya

Pizza Margaritha
(Majalah Sedap ed 5/VIII/2007)





Bahan dasar pizza I :

500 gr tepung terigu protein sedang
1 sdm ragi instan
325 ml air hangat
1 sdt gula pasir
1 sdm minyak zaitun (sy pake minyak goreng biasa, yang tersedia di rumah)
1 sdt garam

Bahan saus dasar :
2 siung bawang putih, cincang halus
1 bh bawang bombay, cincang halus
5 buah (500 gr) tomat, rebus, buang kulit dan isi, cincang halus
60 gr tomat pasta
1 sdt garam
1 1/2 sdt gula pasir
2 sdt oregano
1 sdt basil (sy ga pake, soalnya di rumah ga ada persedian, mau beli tapi mahal :) )
2 sdm minyak zaitun untuk menumis (sy pake minyak goreng yang ada dirumah)

bahan toping :
200 gr keju mozarella, parut kasar
50 gr keju parmesan (sy pake keju edam)
(sy kasih tambahan : paprika hijau dan merah)

Cara membuat :
1. Saus : tumis bw putih dan bw bombay sampai harum. Masukkan tomat, tomat pasta, garam dan gula pasir. Masak sampai kental. Menjelang diangkat, tambahkan oregano dan basil. Aduk rata. Sisihkan
2. Pizza :
Larutkan ragi instan dan setengah air hangat. Tambahkan gula pasir. Aduk rata. Diamkan 5 menit. Campur tepung terigu dan larutan ragi instan. Uleni rata. Tuang sisa air sedikit-sedikit sampai diuleni sampai kalis. Masukkan minyak zaitun dan garam. Uleni sampai elastis. Bulatkan. Letakkan di baskom yang diolesi minyak zaitun. Diamkan 1 jam. Adonan siap digunakan.

3. Timbang masing-masing 200 gram. Bulatkan. Giling tipis setebal 1/2 cm hingga berbentuk bulat. Letakkan di loyang datar yang dioles tipis margarin.

4. Oles saus diatas pizza. Oven 10 menit dengan suhu 200 derajat C sampai setengah matang.

5. Tabur topping. Oven 10 menit sampai matang dan keju meleleh.

Sebetulnya hasilnya sudah cukup oke, tapi... (maaf buat majalah Sedap) rotinya setelah agak dingin jadi alot dan sedikit keras.. toppingnya udah lumayan, cuman kurang spicy (kyknya oregano nya kurang banyak ato karena ga pake basil)

Next time mau cari resep laen aahhh....

1 comment:

Fikrisu said...

nice article, very helpfull & usefull. Ijin copas dan nyoba yach resepnya, abis menarik sekali sich jadi bikin ngiler nich........hehehe. Salam kenal dari INFO MESIN ROTI MURAH

Blog Widget by LinkWithin