Saturday, October 13, 2007

PARIS BREST

KBB menentukan deadline pembuatan paris brest tanggal 11 okt'07. Sy telat bikinnya... rasanya dikejar2 waktu banget. Yang ini belum kelar, yang itu juga... (makanya... tertib donk :P)
duuuh... rasanya pengen punya waktu lebih deh.. Pengen banget semuanya beres dengan sempurna, tapi apadaya badan cuman satu, tangan dan kaki cuman 2 pasang hiksss!

eh jadi ngalor ngidul...

ini dia laporannya :

Pertama, sy bikin fillingnya dulu...

Baru kali ini pake vanili batang. Jadi rada2 bingung deh penampilan akhirnya jadi apa.. Tadinya sy pikir bintik2 hitamnya bakal berubah warna hehehe... emangnya sulap ???



Akhirnya sy saring deh cairan susunya, biar ngga terlalu berbintik2 item. Bener ngga ya?

Tapi ada ganjalan nih.. Katanya kalau pake vanili batang harumnya super duper harum. Bikinan sy koq ngga harum samsek ya? Apa pengaruh karena disaring tadi kali yah? Alhasil filling yang udah jadi agak sedikit bau telor deeh.. dicium2 sampe deket pun ngga kecium tuh baunya si vanili. (ada yang tau kenapa?)


Saat dimasak lagi diatas api, ternyata prosesnya cepet banget.. sampe kaget sendiri lhoo kok udah mulai ada coklat2 didasar pancinya, padahal kayaknya belum mateng betul. Jadilah filling custardnya ada bercak2 coklat.. :(

Kedua, membuat adonan kulit :
Ini kali pertama sy bikin yang namanya keluarga sus. Jadi bener2 baca resep deh step2nya. Waktu mendidihkan air dengan mentega sih ngga ada masalah dong.. Berikutnya bagian terigu dimasukkan kedalam mentega, dibilangnya kan "diaduk sampai adonan lepas dari dinding panci", naah... sy pikir bakal makan waktu eh ternyata pas terigunya masuk, adonan langsung licin gitu deh.. :D *dasar amatiran hehehe...*


Ayo kita cetak...
Tadinya sy mau semprotin dibagian luar lingkaran, tapi dipikir2 kayaknya nanti bakalan gede dong lingkarannya. Yasud, dibikin didalem aja deh..


Jadinya pas 16 buah cincin. Trus saat dioven ternyata rak atas dan bawah ngembangnya beda. Yang diatas ngga ngembang2, padahal udah lebih dari 15 menit. Akhirnya dipindahin ke rak bawah, wahhh ternyata memang signifikan banget.. langsung ngembang. Ternyata gitu toh..

Abis itu dipotong horisontal dan dibakar lagi. Tadinya ga akan dibakar lagi soalnya waktu dibelah dua kok keliatannya sebagian besar udah kering, tapi buat memastikan tetep dibakar lagi aja deh. Cuman kenapa yaa.. warnanya ngga bisa coklat seperti kue sus yang suka dibeli di toko? (maklum, bisanya beli doang belum pernah bikin hihihi)

Ketiga, giliran bikin toffee :

Deg-deg-an nih... sering gagal kalo bikin karamel. Dan bener aja, ada 2 kecelakaan waktu bikin toffee. Gini ceritanya.

Yang pertama:

Sebenernya udah cukup sukses tuh si toffee dibikin (cuman keliatannya agak gosong hehehe...). Nah, dalam pikiran sy kalo si karamel terus2an dalam panci panas maka akan semakin gosong. Dipindahin deh ke wadah dari gelas, trus dasar ngga sabaran nih.. sy ambil wadah lain lagi dan diisi air. Trus dicemplungin deh wadah berisi toffee tadi... langsung kedengeran "kraaakkk".... WHuahhh... pasti pecah nih!!! Bener aja, si toffee langsung terisi air. Hiksss..

eh ada yang bodor lagi nih. Wadah gelas tadi kan langsung copot dari dasarnya terus sy angkat.. eh ngga sadar sy simpen dimeja. Alhasil... nempeel dengan sempurna dikeramiknya... Hahahaha


Kecelakaan kedua.

Karena toffee nya gatot yaa harus bikin lagi dongg.. Kali ini agak sering ditinggal2 karena pengalaman yang pertama tadi kalau pake api kecil si gula lumayan agak lama berubahnya jadi bewarna kecoklatan. Taunya... ohh tidaaaakkk... berubah jadi kristal dengan sempurna!! Entah apa biang keroknya nih.. (ada yang tau??)


Akhirnya bikin yang ketiga kalinya.... ayo maju terus pantang mundur, chayo!

Alhamdulillah.. jadi juga deh, padahal hampir desperado tuh


Oke deh... semuanya sudah jadi. Tinggal finishing nih.. Gara2 nyari2 kenari karena lupa nyimpen dimana dan yang ada didepan mata hanya ada cincangan kacang tanah (sisa bikin lontong paris), yaah yang ada saja toh yang dipake :)
Paris Brest

Setelah adzan magrib... langsung deh masuk mulut HAP! Eh... nyam-nyam loh. Ada kriuk2 karamelnya. SeDAp.. nikmatnya dobel-dobel deh. Nikmat buka puasa, nikmat makan paris brest yang yummy, dan nikmat bisa praktekin resep baru lagi...


SELESEI...


No comments:

Blog Widget by LinkWithin