Wednesday, April 29, 2009

Berantas Buku Hasil Copy-Paste!!!!

Logo courtesy of Ophoeng

Sebenernya udah pengen nulis sejak awal mulai rame tentang buku resep hasil copy paste ini. Logo yang diambil dari MP-nya om Ophoeng udah disave di komputer. Tapi ternyata waktunya yang kurang bersahabat, jadi proses mengarang dan menulis tertunda terus.

Baca di beberapa milis, di fb, di MP, di blogger, semuanya sedang rame membicarakan hal ini. Ya ampuunn... kok ada sih orang yang tega ngga tahu diri dan seenak udel *udel kan mana enak!!!* dan maunya menang sendiri, ngambil jalan pintas untuk memperkaya dirinya dengan tanpa susah payah dan kerja keras. Heran deh, kok dikasih otak oleh Yang Maha Kuasa tapi dipake untuk hal-hal kotor seperti ini. Orang-orang ini memang beneran kreatif deh, tapi kreatif untuk MENCURI. Kreatif tuh artinya bisa menghasilkan sesuatu yang baru, gres, inovatif, beda dari yang laen, berfikir, mengeluarkan ide. Saya akui kalau saya tuh orangnya minus kreatif. Seringnya ngga punya ide, mentok sana-sini, tapi tidak perlu mencolong hasil karya orang laen toh dan kemudian mengakui sebagai karya dirinya sendiri?.

Vivi Liong, yang pertama kali menemukan buku resep ini. Kemudian posting dibeberapa milis bahwa beberapa foto dan resepnya dibajak salah satu penerbit. Dari sini hati udah mulai terbakar. Marah, kesal, sebel, gemes, campur aduk lah pokoknya.

Nah, hari ini nih, pas lagi sms-an sama mba Yuli (Kue rumahan) soal barang dagangan eh dia bilang gini "btw, fotomu dibajak orang udah tau?"... Hhhaaahhh??? foto apaan?? Rasanya kok terakhir liat di blognya mba Vivi, ngga ada tuh ceritaan fotonya saya termasuk salah satu korban. Yang saya tahu mah selain mba Vivi, ada mba Arfi dan mba Dwiana.

Pas tau kabar ini, badan langsung lemes, jantung berdebar-debar, nafas jadi sesak, mual, berkunang-kunang.. *nah loh, gejala apaan tuh..* untung ngga sampai pingsan juga. Pokoknya mood langsung ilang, pengen marah, pengen langsung buka internet, pengen tau foto mana yang kena colong. Untung aja siang itu kerjaan udah beres, pasien udah di-visite semua, coba kalo ngga.. pasti ga konsen banget deh :'(.

Setelah mampir di blognya mba Vivi, langsung mata jelalatan mencari adakah foto yang dikenal. Deg! itu bukan sih yang foto Kue Bangket?. Aaah... ternyata bener!

Coba bandingkan foto versi ASLI saya :

Kue Bangket


Dan ini hasil scan dari buku pikasebeleun eta tah : (diambil dari MP-nya mba Vivi)



Saya aja nih, yang "cuma" foto aja yang mereka colong gondoknya minta ampuun.. Apalagi mereka, temen2 foodie blogger, yang dirampok resep dan fotonya. ARRGGGHHH...!!!

Coba bayangkan, berapa banyak waktu yang kami habiskan untuk menghasilkan 1 foto saja. Mulai dari setting tempat, proses jeprat-jepret, proses editing foto, dan akhirnya upload di komputer. Bisa jadi dari puluhan jepretan atau lebih, hanya 1 foto yang layak tampil.

Belum lagi kalo materi yang difoto itu hasil karya/masak/baking sendiri. Kebayang juga ngga sih, dari persiapan bikin, proses bikin, sampai hasilnya ada tuh kan ngga sebentar. Kami2 ini banyak juga orang kantoran, yang waktunya harus dibagi-bagi. Ibu rumah tangga juga sama aja, yang kerjanya 24 jam/hari.

AYOOO.. KITA DUKUNG KAMPANYE : ANTI BUKU COPY PASTE!!!


photo courtesy of Vivi

Ini tentang penerbitnya : (dari MPnya mba Vivi lagi )

- Penyusun : CAM BOGA (Cerdas, Aktual & Modern)
- Editor : Nur'aeni & Binar Agni
- Desain sampul : Echo_tea
- Layout : Agus_joa
- Photographer : Gandung Tri Atmojo
- Alamat : Komp.Rukon Taman Pondok Kelapa B2 - Jakarta Timur – 13450
Telp: (021) 8654588 - Fax : (021) 8644195
- Website : http://www.hifestpublishing.com/

Untuk link yang lain tentang kampanye ini, klik dibawah ini :

  1. http://ingetvivi.multiply.com/photos/album/105/Buku_Resep_Acak_Adul_Asal_Comot
  2. http://foodngarden.multiply.com/journal/item/618/Sekali_Lagi_Cam_Boga_Mencuri_Foto_
  3. http://budisutomo.multiply.com/photos/album/124/Buku_Copy_Paste_Dari_Blog_Jilid_5_-_Aneka_Jajan_Pasar_Favorit
  4. http://ophoeng.multiply.com/journal/item/347/Bagaimana_Menghadapi_Penerbit_Modal_Copy_Paste_Ya
  5. http://slfphotography.multiply.com/reviews/item/8

6 comments:

Budi Sutomo, S.Pd said...

TEMUAN BARU FOTO CURIAN CAM BOGA DAN PUSTAKA ANGGREK. SILAHKAN DITENGOK SIAPA TAU ADA FOTO ANDA DI SANA:

http://budisutomo.multiply.com/photos/album/127

http://budisutomo.multiply.com/photos/album/126

Sofie said...

oke mas budi, segera meluncur kesana. thx

Mira Assjarif said...

Teh Sofie... udah dilink yah di Dapur Ipoek. Bener pikasebeleun pisan tah buku. Masukkin ke surat pembaca PR aja gitu, Teh? Biar yang di Bandung juga aware.. Keuheul pisan tiap ke Indomart liat buku ini. Hoyong ngaduruk.. :((

Sofie said...

oke nuhun, nanti sy update juga link2 laennya.

jadi skrg di indomart masih banyak nya Mir?
Iya sigana mah mending masukin ke surat pembaca PR. Tapi wacana-na nu mana nya? Maklum, teu tiasa tulas-tulis yeuh

Elsye said...

setuujuhhh mending ulah di beli buku nu kitu..sof ternyata kena juga ya...hikkss...

emang pikaheuleun...arrrgghhh bagus nih banyak jurnal2 yang nulis tentang copas biar mereka malu sekaliann.

Irma said...

hmmm... dasar yaa.. bener-bener ga punya hati. bisa dgn 'santai'nya curi ide orang dan menerbitkannya dalam sebuah buku komersil. astagfirullah.. :(
sambung doa buat Ncop dan teman-teman, semoga cpt beres ya! :)

Blog Widget by LinkWithin