Saturday, May 30, 2009

KBB #11 : Ontbijtkoek


Tema bulan ini untuk KBB adalah kue-kue Indonesia. Hhhmmm... asiiikk.. dan resep yang keluar adalah ontbijtkoek. Kue ini favorit mertua, apalagi sering banget tuh dapet kiriman dari kerabat yang memang biasa bikin kue ini. Dan rasanya emang top abis. Meskipun jenis kue ini seret dan akan lebih enak kalau dioles dengan mentega, tapi tetep saja untuk saya sih makannya langsung hap hap hap.. dasar gembul!

Oya, host kali ini adalah mba Lia angels dan mba Ventin.



Sebenernya udah pernah nyobain bikin ontbijtkoek dengan resepnya Yasa Boga ini Dibuku itu disebutnya sih Kelomben, lucu juga ya namanya. Waktu itu saya sih pake bumbu spekuk yang udah jadi aja. Diliat2 kan komposisinya sama aja, cuman ngga tau deh takarannya sama atau ngga.

Naah.. berhubung sekarang adalah pe-er yang harus dikerjain, jadi bikinnya plek sesuai resep. Kebeneran semua rempah ada. Tinggal gerus-gerus, saring-saring, takar-takar, beres deh. Tumbeennn banget, hari pertama dikasih surat cinta, besoknya udah dibikin. Ini juga ada sebabnya dink hehehe.. soalnya waktunya mepet banget sama rencana pulang ke Bandung untuk pengobatan saya. Baru balik lagi kesini sekitar minggu ke-3, belom malesnya, belom capenya, belom recovery post op-nya.. :D. Tapi ternyata asik juga ngerjain awal2. Ngga repot gerasak-gerusuk.

Cuman ada satu yang masih ngeganjel nih. Fotonya ngga banget deh :(. Gara-gara maksa motret padahal cahaya lagi ngga bagus, mood lagi jelek *dipelototin misua karena belom beres packing*, idenya mentok, waktu yang mepet, tempat biasa motret tergusur karena lagi ada tamu.. huhuhu..


OntbijtkoekSumber: Kue-Kue Indonesia. Yasa Boga-PT Gramedia Jakarta. 2007.

125g gula palem/gula merah (sofie : pake palm suiker merah)
5 kuning telur
3 putih telur
campur rata 125g tepung terigu, 1 sdt peres kayumanis bubuk, ½ sdt pala bubuk, ¼ sdt cengkih bubuk
50g kenari, iris tipis (sofie : pake pistachio)




1. Kocok kuning telur dan putih telur, gula palem sampai kental dan naik.
2. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur, aduk rata.
3. Tuang ke dalam loyang roti (loaf) yang sudah dialas dengan lapisan kertas yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung.
4. Panggang kurang lebih 20 menit (setengah matang). Taburi irisan kenari. Panggang terus sampai matang, angkat.
5. Potong menurut selera.


Hasil kue ini sih menurut saya enak banget, harumnya itu loh asoy geboy. Meskipun agak seret ngga apa2.. yang penting misua & Salma doyan. Oya, berhubung disini ngga ada yang namanya kenari atau almond, akhirnya pake pistachio aja deh. Anehnya pistachio ada disemua toko kelontong, katanya namanya "kacang ketawa". Waah.. asik kan, nge-fans siih..

Trus, waktu nabur kacangnya kan saat setengah matang. Duh, baru inget, dulu pun kalo ditabur setengah jalan nanti si kacangnya ngga bakalan nempel. Malah pada berjatuhan tuh. Tapi ternyata, pas ngeluarin dari loyang, si kue dibalik pake piring dulu baru kemudian dibalikin lagi ke rak pendingin. Nahh akibat prosedur ini lah si kacang malah nempel dengan sempurna tuh. Siipp lah



tuuuh.. kan, fotonya ngga banget dewh :(


Yang penting... dapet ini nih :


9 comments:

Bunda Nadine said...

halo mbakk ... mo nyicipin ontbijkoek-nya mbak sofie dulu yaa pagi2 ... :).

toko mamanatrixie said...

duh foto2na keren2 euy.. sof.. :)

Mira Assjarif said...

iyah.. setuju sama Teh Molly. Foto-fotonya selalu ciamik.. Disitu kayaknya terang benderang terus yah, Teh? Lihat hasil foto-fotonya meni berlimpah cahaya semua. Cakeeep...

Zita said...

fotonya biar gak mood en tergusur ...cantik2 koq :) Onbijtkoeknya keliatan enak deh ;)

Retno Prihadana said...

Mantabb Onbijtkoeknya, cantik fotonya juga.

Sofie said...

@ Yuli : silahkan... :D

@ Molly : nuhun teh Mol

@ Mira : Sebagian besar sih emang selalu panas, tapi pas golden time buat motret sering ngga ada dirumah hiks. Nuhun Mir, fotomu juga cantik2 pisan :D

@ Zita : mesti berguru sama mba zita nih. Kuenya emang top kan?

@ Retno : Makasih ya mba :)

Anne Vijaya said...

Doyan ya Sof?
Aku malah kurang doyan. Bener tuh kata Mira, terang benderang yah disana..ngiri ama yg available light-nya melimpah ruah..hehehe..

lia-angels said...

ikutan ngicip onbit ya mbak ^_^

Sofie said...

@ Anne :
lempar kesini aja mba hehe..
Disini emang daerah panas, cuman problemnya kemampuannya yang segini ini lah mba, kl mba Anne punya kan meskipun gelap gulita pasti hasil jepretannya kuerreeenn

@ Lia :
silaahkaaannn... :)

Blog Widget by LinkWithin