Thursday, July 30, 2009

KBB #12 : Cheese Souffles


Bikin pe-er KBB kali ini seruuuuuuu banget. Gimana ngga seru, kalau ngerjainnya bareng-bareng sampe 10 orang saja. Asik kan?
Kok bisa? iya lah bisa, KBB Bandung gitu loh.. hehehe.. Masih merasa tetep bagian dari KBB Bandung meskipun sudah nun jauh disana :D. Kebeneran banget, saya lagi mudik (lagi) pas ada pilpres kemaren. Seneng deh bisa ketemu temen2 baru yang selama ini hanya bisa menyapa di dunia maya saja. Ada mba Emma sang pakar, ada Mira, dan mba Ine yang lagi berlibur di Bandung juga. Yang laennya tentu saja Yohana sang tuan rumah, teh Tyas, teh Molly, teh Uci, Yuyun, dan mba Atiek.
Jadi nih, meskipun kita banyakan tapi tetep dibentuk kelompok2 kecil supaya setiap orang tetap mengerjakan pe-er-nya masing2. Kemaren itu saya sekelompok sama teh Molly (plus Trixie *haii..*). Tapi biar hasilnya tidak terlalu banyak, bikinnya hanya 1/3 resep saja (eh 1/3 kan ya teh Mol? lupa euy).

Oya, coba kita bayangin bersama-sama, kalau bahan-bahan souffle, bahan makanan untuk makan siang, props buat motret, ramekin kecil sampe gede, hiasan sayur / buah, semuanya tumplek diatas meja dapur? Pastinya cuman satu kata : Heboh!




Cheese Souffles
Sumber: The Perfect Cookbook by David Herbert. Penguin Books Australia Ltd 2003.

100g unsalted butter
½ cup plain (all-purpose) flour
300ml milk
1 cup grated cheddar
2 Tbs freshly grated parmesan
½ tsp Dijon mustard
pinch cayenne pepper
4 eggs, separated



1. Preheat the oven to 190C (375F, Gas Mark 5). Grease and lightly flour six ½-cup-capacity souffle dishes.
2. Melt butter in a small saucepan over low heat. Add the flour and cook, stirring constantly, for 1 minute. Gradually add the milk and whisk continuously over medium heat until the mixture is smooth, thickens and comes to the boil. Allow to cool for 5 minutes.



3. Transfer the mixture to a bowl and stir in the cheddar, parmesan, mustard and cayenne pepper. Mix well.
4. Lightly beat the egg yolks and add these to the cheese mixture. Mix well.


saya dan teh Molly memodifikasi resep dengan menambahkan
smoked beef dan oregano


5. With an electric mixer, whisk the egg whites in a clean bowl until firm peaks form. Fold a quarter of the whites through the cheese mixture to slacken it slightly, then gently fold through the remaining whites.
6. Spoon the mixture into the prepared dishes and bake for 20-25 minutes, or until risen and golden. Don't be tempted to open the oven until the souffles have risen. Serve immediately.


Baru pertama kali ini nyobain dan ngerasain yang namanya souffle. Ternyata mirip kayak sus gitu teksturnya. Berhubung kemaren rasanya sih ngga ada yang bikin plain, jadinya ngga tahu persis rasa asli resep ini. Yang jelas, pake smoked beef dan oregano rasanya mantap. Nyobain yang Yohana dan mba Ine yang pake bayam enak juga, tapi menurut lidah saya nih jadinya kurang nendang ya. Masih juara yang pake smoked beef hehehe..

Cheese Souffle


Beberapa tips dari mba Emma :
- olesi ramekin dengan mentega sampai rata betul. Kemudian taburi dengan terigu. Bisa juga terigu dicampur dulu dengan parutan keju, supaya nanti ada keju yang nempel di dinding souffle saat dia naek. Tapi kemaren berhubung naeknya ngga terlalu tinggi jadinya ngga keliatan juga tuh hehe..
- mengisi adonan harus sampai penuh betul biar naiknya semakin tinggi
- ratakan permukaan adonan dengan punggung sendok yang sudah dicelup air, supaya permukaannya rata dan hasil akhirnya datar sempurna.

Bikinnya ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, tapi seperti yang sudah digembor-gemborkan semua orang bagian teribet adalah proses memotretnya. Ya ampuuunn... cepet banget mingpesnya. Coba lihat foto yang masih di dalam oven. Bagus kan? nah, itu cuma bertahan bentar aja. Waktu oven mau dibuka, semua udah ditereakin buat pegang lap masing2. Jadi begitu dikeluarin semuanya langsung berhamburan ke pojok masing2.. heheh.. lucu pisan lah kalau diinget2 lagi.




Ooppss.. hampir lupa, thanks ya buat mba Zita yang udah jadi host bulan ini.

8 comments:

Zita said...

Duh..seger baanget keliatan soufflenya... nyicip ah ;)

Mira Assjarif said...

Wiiih emang Teh Sofie mah rajin banget.. Step by stepnya lengkap. Hasil fotonya juga keren as usual.. :) Emang paling enak yang pake smoked beef kalo katak Mira sih..

Anne Vijaya said...

Foto step by step-nya keren banget yaa...btw skrg dimana Sof? Enaknya yg abis kumpul2 yaa...

Ine Sena said...

sooofff... aduuuw itu kolasenya apik n kereen....

Retno Prihadana said...

wah yang ini enak banget ada smoked beefnya, fotonya juga cantik.

Sofie said...

@ Zita : boleehh.. silahkan dicoba mba :)

@ Mira : hehe.. sayang atuh da Mir kl step by step yg udah difotoin ngga ditayang ;D. Tooss dl aah, enak yg pake smoked beef yah.
Nuhun nya Mir :)

@ Anne : makasih mba, masih harus berguru sama mba Anne nih..
sekarang sy lagi di bangka euy, mangkanya asik bener pas ada kumpul-kumpul kmrn

@ Ine : thanks mba Ine *blushing*

@ Retno : nyam nyam mba pake smoked beef. Trims yaa..

sherry said...

cantik bener...asik ya rame2 bikinnya...:D

Sofie said...

seru banget emang kalo kumpul2.
Thanks ;)

Blog Widget by LinkWithin