Thursday, August 6, 2009

New York Crumb Buns

Meskipun tidak tiap hari makan roti, tapi yang namanya roti hampir selalu tersedia di rumah. Supaya sarapan tidak bosan, jadi menu harus selalu bergilir antara nasi goreng, sereal, nasi kuning, havermut, atau roti. Sereal dan havermut sih favoritnya neng Salma, katanya kalau makan nasi bisa2 terlambat datang ke sekolahnya heheh.. Kalau saya dan suami sih, bisa apa aja. Tapi favorit saya kalau makan pagi dengan roti, isinya paling sering pake peanut butter yang chunky ditambah dengan meses coklat trus dipanggang. Makannya ditemani segelas kopi panas. Hhhhmmm.. sedaaapp... *maklum, makanan tidak sehat :D *

Ngomong-ngomong soal roti, paling parno deh kalau udah ada niat bikin. Takut gagal, takut bantet, takut alot, takut ngga kalis, takut ngga jadi roti tapi malah jadi bata wakakakkk...

Tapi nih, setelah liat-liat buku resep keluaran Sedap tentang roti jadi ngiler banget. Ditambah lagi waktu suami ikut-ikutan ngintip isinya trus komentarnya "wah asik2 nih roti". Maklum jurig roti (baca : hantu roti). Gimana ngga, kalau beli roti yang isinya macem2 bisa ludes dengan itungan menit :D. Tambah semangat nih, pengen naklukin lagi untuk kedua kalinya xixixi.. Yang pertama kali, bikin pake resepnya NCC. Wah enak deh, empuk.


New York Crumbs Buns

Nah, kalau yang ini hasil karya kedua dapur ungu. Bikinnya sore hari sebelum pergi praktek, trus langsung masuk freezer. Pagi-pagi dikeluarin dari kulkas, didiamkan di suhu ruang trus dibiarin ngembang lagi. Baru deh dipanggang... Oya, ternyata proses thawning-nya lama juga ya. Untuk adonan ini, perlu waktu 1 jam lebih untuk mencapai suhu ruang. Setelah itu adonan akan kembali mengembang, dan berdesak-desakan didalam loyang seperti permukaan kasur kapuk. Gemeezzz...




New York Crumb Buns
Sumber : Aneka roti mancanegara, Sedap

Bahan roti
8 gram ragi instan
50 ml air hangat
75 gram mentega tawar
50 gram gula pasir
½ sdt garam
½ sdm madu
1 butir telur
1 kuning telur
350 gram terigu protein tinggi
60 ml susu cair
2 sdm susu cair untuk olesan

Bahan crumble
25 gram almon bubuk
1 sdt putih telur
25 gram mentega tawar
15 gram gula pasir
10 gram gula palem
1/8 sdt garam
25 gram tepung terigu protein sedang
¼ sdt kayu manis bubuk



Cara membuat

Crumble:
aduk almon bubuk dan putih telur. Tambahkan mentega tawar. Aduk dengan garpu
masukkan gula pasir, gula palem, dan garam. Aduk rata. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai berbutir kasar. Simpan dalam lemari es

Roti :
1. campur ragi instan dengan air hangat. Sisihkan
2. kocok mentega tawar dan gula pasir sampai lembut. Masukkan garam, madu, telur, dan kuning telur. Kocok rata.
3. Masukkan sebagian tepung terigu. Uleni rata (ganti dengan mixer spiral).
4. Tambahkan larutan ragi. Uleni rata. Masukkan sisa tepung terigu. Uleni rata.
5. Masukkan susu cair. Uleni sampai elastis. Diamkan 60 menit sampai mengembang.
Kempiskan adonan. Timbang adonan masing-masing 30 gram. Bentuk bulat.
6. Letakkan di loyang 20x20x4cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Diamkan 45 menit sampai mengembang.
7. Oleskan susu cair. Tabur bahan crumble.
8. Oven 30 menit dengan suhu 180 derajat Celsius sampai matang.




Review versi saya nih:
Tekstur rotinya beneran lembut, ngga beremah, ditambah ada harum kayu manisnya pula. Kurangnya cuma satu nih, ternyata kurang manis. Solusinya mungkin gula pasirnya harus ditambah, atau rotinya dikasih filling. Hanya saja karena tidak terbiasa merubah resep, jadi saya ngga tahu nih kalau mau nambah gula harus berapa banyak dari resep ya? Takutnya malah jadi gagal. Trus kalau dikasih filling, enaknya apa yaa? soalnya diatasnya kan udah ada crumble beraroma kayu manis, jadi mungkin yang ngga nabrak-nabrak kasih pasta almond atau peanut butter? hhhmmm... patut dicoba nih :)

New York Crumb Buns


Yuukk.. mariiii... sarapan roti fresh from the oven :)

6 comments:

Anne Vijaya said...

Hiks Sofiiiiii...jd pengen bikin jugaaaa...

Elsye said...

waaaakkss menul2 pisan, cakepp Sof ;D

Mira Assjarif said...

Cantiiik banget.. Duh Teh Sofie mah emang jago styling. Jago baking juga.

Mau cobain aaaah... Akyu juga kan jurig rotii.. hiii hii hii hii hiii...

Sofie said...

@ Anne : ayooo mba.. bikin yaa. ditunggu foto cantiknya :)

@ Elsye: heheh.. takjub juga nih liatnya. Nuhuunnn... :D

@ Mira : duh Mir, belooomm.. saya mah belom jago, masih jauuuhh. Sok atuh, jurig roti harus bikin roti yang banyak xixixi...

rita bellnad said...

duh fotonya cantek2.... rotinya bikin ngiler, pengen banget bisa nyobain

Sofie said...

makasih mba ritaaa..
*kangen nih, kemana aja? :D*
ayoo bikin juga, buat mba rita sih ini mah gampang kalii ;)

Blog Widget by LinkWithin