Friday, May 28, 2010

KBB #17 : Savoury Pie, let's make a lattice

whuuiiiihh.... Sweet Seventeen niiih....
Ngga berasa banget KBB udah nyampe ke tantangan ke-17. Sama seperti ABG, tantangan kali ini kita mau bercentil-centil ria hehehe.. Kebetulan, untuk periode ini yang jadi hostnya saya sama teh Molly. Jadi udah ngintip beberapa hari sebelum surat cinta dikirimin ke semua temen2 KBBers. Awalnya hepi banget karena udah kepengen bikin pie sejak kapan2. Eeh.. setelah dibaca-baca, ternyata temanya kan savoury padahal saya udah kepengen bikin yang manis huhuhuhu....
Trus adonan pie-nya harus yang puff pastry ngga boleh pie crust biasa. Memang siih, diperbolehkan untuk pakai puff pastry ready made, tapi di Bangka mana ada yang jual *sigh*. Sedangkan kalau mau bikin sendiri, kok kayaknya waktu mepet2 banget deh soalnya lagi packing2 mau pindahan lagi ke Bandung.

Ngobrol-ngobrol sama teh Molly, ternyata mau diimport dari Bandung katanya.. horrrayyyy.... Eehh.. tapi ternyata setiap kali mau beli katanya kosong melulu heheheh.... sabar menanti aja lah. Dan akhirnya dapet juga.. *asiiikk...*

Kebingungan selanjutnya adalah isiannya mau pake apa. Setelah nyari-nyari dan menimbang-nimbang, bikin bayam keju aja deh. Kebeneran ada nemu resepnya dimajalah, tapi sekarang mau posting malah ngga tau tuh resepnya nyelip dimana hehehe...

spinach cheese lattice pie

Yang bikin semangat adalah bikin lattice-nya. Udah googling gimana caranya menganyam, pas dipraktekin ternyata simple juga kok. Taruh, lipat, tutup dan seterusnya seperti itu sampai semua permukaan tertutup.

Oya, resep yang dikirim lewat surcin sebenernya ngga mudeng hasil jadinya kayak apa. Waktu ketemuaan sama mba Emma isti, baru deh ngeh maksud si resep seperti apa. Jadi kenapa dia potong2 persegi panjang dan ngga pake cetakan pie adalah supaya si puff pastry-nya mengembang sempurna, baik bagian atas maupun bagian bawahnya *oooohhh.... buled*. Untuk resep savoury lattice pie versi asli bisa dilihat disini ya.

Karena saya pake resep berbasis quiche, jadinya kan basah tuh isiannya. Akitbatnya si pastry bagian dasarnya lembek deh. Tapi yang penting neng Salma dan bapaknya doyaan... :D

Spinach Cheese Lattice Pie
Sumber : lupa dari mana *ntar kalo ketemu diketik ulang deh* :D

Bahan : (dikira2 aja yaa.. sesuai dengan kebutuhan, saya sesuaikan untuk 1 mangkuk kecil)
Seikat bayam, iris-iris
1 butir bawang bombay, iris kotak
1 buah jagung manis, rebus kemudian pipil (atau memakai jagung manis kalengan)
Keju cheddar sesuka hati, diparut
1 butir telur
150cc susu cair
garam
merica


Cara membuat:
- Tumis bawang bombay sampai setengah layu, kemudian masukkan bayam. Masak jangan terlalu lama.
- Masukkan jagung manis dan keju, aduk-aduk sampai tercampur rata. Matikan api
- Kocok lepas telur, kemudian tambahkan susu cair. Beri garam dan merica secukupnya. Sisihkan.

kompilasi proses

- Siapkan puff pastry, ratakan didalam wadah tahan panas yang sebelumnya dioles dengan mentega atau margarine.
- Masukkan campuran bayam dan keju.
- Tuang kocokan telur kedalamnya. (saya : kocokan telur tidak dimasukkan semua karena takut terlalu basah).



proses lattice

- setelah penuh, tutup dengan lembaran-lembaran pastry yang sudah disiapkan sebelumnya.
- buat anyaman-anyaman dari puff pastry, oles dengan telur (saya pakai sisa kocokan telur tadi)
- panggang sampai kecoklatan




5 comments:

molly said...

ncop.. menyanganyamnya pinteran euy.. :D

Sofie said...

xixixi... jadi inget dulu waktu SMP bikin topi anyaman :D

Ine Sena said...

deeuuuh.... meuni jadi laperr euy ngeliatnya..

Sofie said...

ayo dicobain bikin Teh.. asik buat cemilan :D

Monica Adriana said...

teh sofie, manis lattice nya.. sayang ak ga suka spinach.. tapi hasilnya keren kok.. :)

Blog Widget by LinkWithin