Monday, July 26, 2010

Puding Buah Naga

Ada yang doyan sama Buah Naga?
Terus terang saya sih ngga terlalu suka ya. Soalnya kok rasanya plain gitu deh, mau yang putih atau yang merah ya tetep aja begitu..

Waktu bapak mertua saya ulang tahun ke 84, akhir juli kemaren, banyak banget kiriman buah yang mampir dirumah. Diantaranya ya si buah naga ini. Karena dirumah ngga ada yang suka, alhasil cuman jadi pajangan aja tuh. Meskipun sudah dibagi-bagiin ke orang-orang dapur tetep aja masih numpuk.

Puding Buah Naga

Puding Buah Naga
Sumber : Primarasa, Seribu Rasa Puding

Bahan:
Sirup gula (symple syrup)
Daging buah naga merah dan putih, potong-potong untuk pelengkap (jika suka)

Bahan Puding putih:
300 gram daging buah naga merah
300 ml air
1 bungkus (7gram) agar-agar bubuk putih
150 gram gula pasir
450 ml yoghurt rasa leci (karena ngga punya yoghurt, diganti dengan susu cair 400 cc + 1 sdm air jeruk lemon)

Bahan puding merah :
300 gram daging buah naga putih
750 ml air (saya kurangi airnya karena memakai jelly bukan agar-agar)
200 gram gula pasir
1 bungkus (7gram) agar-agar bubuk merah (saya ganti dengan jelly rasa strawberry)
2 sdt air jeruk lemon/nipis

Cara membuat

1. siapkan cetakan puding volume 2L. Basahi dengan sedikit air matang

2. Puding Putih : taruh buah naga merah dalam wadah, lumatkan buah menggunakan garpu, sisihkan (saya : hanya dipotong2 kotak saja). Taruh air, agar-agar, dan gula pasir dalam panci, aduk rata. Jerang diatas api sedang. Masak hingga mendidih dan gula larut, angkat. Tambahkan yoghurt, aduk rata. Tuang secara bertahap ke dalam cetakan bergantian dengan buah naga merah hingga adonan dan buah naga merah habis. biarkan hingga puding agak mengeras.

3. Puding merah : iris-iris kecil daging buah naga putih bentuk dadu 1 cm atau sesuai selera, sisihkan. Masukkan air, gula dan agar-agar dalam panci, jerang di atas api. Masak diatas api sedang sambil diaduk hingga mendidih, angkat. Tambahkan air jeruk lemon/nipis, aduk rata.

4. Tuang adonan puding merah keatas adonan puding putih, tambahkan buah naga putih, biarkan hingga mengeras.

5. Keluarkan puding dari cetakan, potong-potong. Sajikan puding dengan sirop gula dan pelengkap potongan buah naga.

Note : karena saya memakai jelly bukan agar-agar merah, jadi susunannya dibalik. Yang didasar loyang adalah bahan merah baru dilapis dengan bahan putih, supaya saat dibalik ke piring bagian yang merah ada diatas.

Ternyata enak looh.. rasanya seger, asem manis gitu deh. Ngga sempet bikin symple syrupnya karena si puding udah keburu abisss.. So, yang mau memberdayakan buah naga dirumah silahkan dicoba resepnya :)

2 comments:

armouris said...

info tentang buah naga di SIHAT SELALU - Khasiat Buah Naga

Obat keputihan Herbal said...

resepnya sangat menarik dan baik untuk dicoba.

Blog Widget by LinkWithin