Wednesday, May 28, 2008

Sehat itu Anugrah

Persis seminggu yang lalu, jam 19.00 sy harus masuk ruang operasi. Do'a tidak henti-hentinya terucap untuk menenangkan hati. Ternyata ini yah rasanya jika kita sendiri yang akan mengalaminya. Alhamdulillah mamih-papih on time tenk banget nyampe di rs saat sy mau didorong ke ruang operasi. Do'ain anakmu ini yaa.. semoga operasinya lancar dan sukses, tidak ada hambatan sedikitpun.. Amiin..


Flash back..


Hari Selasa pagi, saya, papah, dan Salma ikut jalan santai bersama kelompok pengajian kami. Tujuannya ke Curug Dago. Jam 7 pagi kita udah pada ngumpul di depan mesjid, alhamdulillah pesertanya banyak juga.. Setelah ini dan itu, goooo... ayooo.. biar sehat nih.. :D


Ternyata jalan yang ditentuin panitia lumayan juga euy, nanjak mang.. Yang kasian sebenernya Salma nih, kalo udah mulai ngerasa cape keluar deh omelan2 kecilnya. Pegel nih kakinya.. ga kuat.. Tapi syukurnya nih, kalo dialihin ke hal lain misalnya itu bagus banget yaah bunganya, semangatnya keluar lagi deh.. Good girl!

Sebelum arah ke Curug Dago, jalan santainya dibelokkin "dikit" mendekati Punclut. bingung juga sebenernya, punclut sebelah mana.. jalan yang ditempuh ada sebelah mana pula.. hehehe.. Tapi "dikit"nya ini lebih nanjak lagi.. duuuh.. ini mah bukan jalan santei tapi jalan berat oi.

Okeh lah no problem.. lanjut terus mang..


Singkat cerita, setelah nyampe di Curug, dilanjutin buka bekel masing2 dan games. Acara selesei sekitar jam 11.30. Trus kita pulang deh.. waduh berarti jalan lagee?? hihihi.. iya lah, mana ada mobil disini? Udah hampir jam 1 siang waktu kita nyampe rumah.. pfiuuuhh.. akhirnya bisa rebahan juga. Tadinya mau langsung ke rumahnya teh Uceu nih, janji mau kesana. Tapi apa daya, waktunya udah mepet2 begini.. daripada keburu-buru, akhirnya ga jadi deh kesana. Teh, punten pisan nyaa.. tadinya dikirain acaranya bakal cepet :P.


Sore hari masih sempet imel ke KBB, curhat kalo tantangan bikin banoffenya belum kelar soalnya base yang sy bikin ga sukses alias gagal. Tapi berhubung banyak yang ngingetin kalo gagal juga ga apa2, terusin aja difinishing takut malah nanti ga sempet bikin lagi. Okeh deh sip! udah mantepin hati, base pie yang udah dibikin dari 3 hari sebelumnya mau diproses besok.


Manusia hanya bisa berencana, berfikir dan berbuat tanpa tahu apa sebenernya yang akan terjadi..


Hampir tengah malam, sy dan papah lagi asik nonton "skeleton key" di tv. Tapi tiba-tiba... OUTCH!!!!!!!!! apain nih? kok perut sakit bener.. ilang bentar tapi trus muncul lagiiiiiiii... sakitttttt banget. Rasanya lebih sakit dari kontraksi mau ngelahirin deh. Saking ngga kuatnya nahan sakit, airmata bercucuran dan tenagapun terkuras habis. Sebetulnya papah udah nyaranin ke ugd malem itu juga, tapi sy nolak.. *dasar bandel!!* tunggu pagi aja pah, moga2 ilang sakitnya.
Ternyata sampe subuh, meskipun nyeri tidak sehebat waktu malem, si nyeri masih dateng juga.

Pagi hari ketemu sama internist keluarga, dikonsul ke SpB dengan acute abdomen, masuk ugd dulu, diperiksa dan disaranin USG.

Hasil USGnya menyatakan appendiks okeh surokeh alias normal, tapiiiii... ternyata ada kista ovarium yang udah lumayan gede dengan diameter 4,5 cm. Ya Allah... selama ini sy mengabaikan kesehatan diri sendiri.. padahal setelah diingat2, alarm ke arah sana sudah ada. Padahal juga, papah sudah seriiiing banget ngingetin buat periksa ke SpOG..


Karena dugaan berubah penyebab kolik adalah kista, dikonsul ke SpOG deh. Cuman dokter yg sy mau ga ada di rs itu, jadinya harus keluar dulu dari ugd dan ngejar beliau di RSHS. haiii, i'm coming as a patient nih...


Actually it's not as simple as that...

Singkat kata lagi, akhirnya tetep (kembali) melibatkan dokter bedah. Didapat kesepakatan antara sy, SpOG dan SpB, terdapat dua kemungkinan etiologinya (penyebabnya): appendiks dan kista. Cuman ada cara untuk menegakkan diagnosa dan memberi terapi: OPERATION! okey, i agree...


Operasi berjalan 3 jam lebih (katanya..) dan sy baru merasa sadar sekitar jam 1/2 1 malem.

Trus... ternyata yang jadi penyebab adalah kista yang sudah mengalami infeksi. Cairan kista menjadi nanah. aduh!. Dan, kista pun sudah bocor ke rongga perut termasuk si appendiks ini. Masya Allah... Alhamdulillah cepet ketolong ya Allah.. Ga kebayang deh, gimana kalo jadi peritonitis difus.. iiiihhh ngeriiiii!

Tapi masih harus nunggu hasil PA dulu nih, baru tenang kalo hasilnya ok.
Alhamdulillah juga, hari ini sudah baek. Tinggal rasa ngilu di jaitan aja dan perut yang masih kembung.


Pesen buat semua yang merasa dirinya perempuan, apalagi sudah diatas 30 th, untuk memeriksakan organ2 kewanitaannya sejak dini. Memang betul, mencegah lebih baik daripada mengobati.

4 comments:

ezza said...

Alhamdulillah dah sehat kembali ya sof..
jadi miris banget dengernya.. duh jadi atut... soale aq juga da masalah nih.. dah ke tetehnya Sofie, tapi agak kurang jelas.. hehehe..

Sofie said...

iya Za, alhamdulillah udah baekan nih.
Loh kok kurang jelas? balik lagi aja, minta terangin sejelas2nya.. hehehe.. btw, dia masih inget dirimu kan? ;D

Anonymous said...

wah.. serem juga nih. kalo sudah ibu-ibu begini harus lebih care sama kesehatan 'pribadi' ya cop..

ezza said...

dr. ieffanya pangling nih liat akyu..
soale aqnya beda banget.. gendut.. masak naik 10 kg-an.. xixixie..
keknya kmaren tuh hormonnya aja ga seimbang (menurut q), soale 2 bulan ga "m" tapi ga da "isi"nya juga.. alhamdulillah sekarang dah "m" lagi..
jadi malas balik hehehe

Blog Widget by LinkWithin