Thursday, March 26, 2009

Masak bareng nasi goreng yuuk



Nasi goreng??? hhhmmm... nyam nyam tuh.

Bikin nasi goreng tuh bisa cepet, gampang, simpel, atau bisa juga ribet, susah, lama. Tergantung mau nasi goreng yang gimana.

Kalau sy nih, selalu sedia bumbu nasi goreng instan. Memang sih, kurang sehat. Tapi praktis banget. Apalagi kalau pagi2 udah gedebrak gedebruk ngerjain ini itu sambil nyiapin makan pagi sebelum pergi kerja. Solusinya ya bumbu instan. Cemplungin nasi + bumbu.. jadi deh.


Tapi niih.. berhubung mau ikutan event bulanan foodie blogger Masak Bareng Yuuk yang temanya Nasi Goreng, ya berarti ngga pake bumbu instan donk. Oya, MasBar ini digawangi (emang sepak bola??) oleh mba Ayin di AG'S FOOD , mba Dheeta di ...mLebu Pawon... , dan Shinta di Berkreasi di dapur mungil.




Nasi Goreng ala Thai
sumber : Primarasa Dapur Populer 6


Bahan
400 gram beras putih (800 gr nasi putih) --> pake nasi putih
4-5 sdm minyak goreng untuk menumis
8 siung bawang putih, cincang
6 cm jahe, cincang
4 buah cabai merah, buang biji, iris tipis
150 gram udang kupas ukuran sedang
400 gram nanas segar / kalengan, iris kecil (pake nanas segar)
2-3 sdt garam
1 sdt merica bubuk
150 gram toge panjang
4 batang seledri, iris kecil (ngga pake, di warung ngga ada)


Saus : (campur jadi satu)
4 sdm kecap ikan
2 sdt madu
2 sdm angciu (ngga pake)
1-2 sdm minyak wijen
2 sdm air jeruk limau


Taburan
150 gram kacang mete goreng, cincang kasar (ngga pake juga, persediaan habis)
2-3 sdm wijen sangrai (ngga pake, udah keburu laperrr..)


Cara :
1. Cuci beras sampai besih, masak dengan air secukupnya sampai menjadi aron, angkat. Pindahkan aron ke dalam dandang, kukus hingga nasi matang, angkat. Keluarkan nasi dari dandang, sisihkan sampai dingin betul. (Ngga pake langkah ini, soalnya pake nasi udah jadi)

2. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bawang putih dan jahe sampai harum, masukkan cabai, aduk sampai agak layu, masukkan udang.

3. Masak sampai udang berubah warna, masukkan nanas, tuangi campuran saus, aduk sebentar.

4. Masukkan nasi, aduk hingga rata. Tambahkan garam dan merica, aduk-aduk sampai nasi panas dan berasap.

5. Masukkan toge dan seledri, cepat-cepat aduk, angkat, jangan sampai toge terlalu layu.

6. Pindahkan nasi dalam piring saji, hidangkan segera selagi panas dengan menaburkan kacang mede dan wijen sangrai.




Pfuuiiihhhh... ternyata ribet juga nih bikinnya. Karena terbiasa bikin nasi goreng yang sret sret sret langsung jadi kali ya. Tapi hasilnya memuaskan!. Sebanding dengan usahanya. Hehe.. narsis dikit boleh lah yaa..


Mau coba?

10 comments:

A.G said...

aku nyicip nasi gorengnya, emang yg raikan sendiri lebih mantap rasanya

makasih ya udah ikut MasBar

Salam
Ayin

Rurie said...

Racikan sendiri lebih mak nyus kan :D nyam nyem cicip yah :)

Sofie said...

@ Ayin : heheh.. iya mba ayin lebih makyus yg homemade

@ Rurie : bener, setuujuu..

naanaaa said...

wah asli deh, saya belum pernah masak nasi goreng pake jahe, kalo makan nasi goreng pakai nanas mah pernah, apa jahenya untuk ngilangin amisnya udang ya? btw, brambang itu bukan nama samarannya mas bambang tapi sodaranya bawang.

Shinta said...

Nyicip juga ah... Makasih dah ikutan ya. Salam kenal.

Dwiana P said...

mbak mampir juga kesini yah... mau ngerampok si nasgor hahahha.

Sofie said...

@ Tanti : kebalik dong kita.. sy belom pernah makan nasgor pake nanas :D. oooh... brambang tuh iparan sama bawang toh.. hehe

@ Shinta : boleh.. boleh.. sepiring juga boleh kok

@ Dwiana : whuaahhh... janggannn.. tukeran aja yuukk xixixi

Bunda Nadine said...

ahhh ... nanas di nasi goreng ... syeger kayakna ya mbak sof ... :)

sefa said...

huaaa itu piring birunya lucu banget *naksir*

sorry ya baru kesini skg, soal motret pake dasar kayu, kayaknya sih gak ada aturan baku kameranya harus disetting itu atau itu, settingan apa aja boleh aja kok..

kalo mau bikin kesan hangat, white balancenya aja disetting jadi cloudy.. selebihnya mah biasa..

kalo pengen kesannya redup-redup, motretnya bisa pake efek under exposure

soal di kamera poket bisa atau gak.. maaf banget, aku kurang tau, soalnya gak punya kamera poket :(

Sofie said...

@ Yuli : iya bener, sy jg baru tau kalo nasgor pake nanas tuh enak hehe..

@ Sefa : ini piring dapetnya dari tukang jualan di pinggir jalan. Girang banget pas nemu yang antik gini.

Belom pernah nih motret pake settingan cloudy. Ntar dicoba aah.. thx banget ya Sefa.. :)

Blog Widget by LinkWithin