Sunday, March 30, 2008

KBB #4: Chocolate Swirl Meringue

logo march-apr08

Tantangan KBB kali ini temanya putih telur. Asikkk.. bisa memberdayakan putih telur yang masih numpuk di freezer nih.. :D

Sebenernya menurut teori sih, lebih baik mempergunakan putih telur yang masih segar alias baru. Tapi, daripada yang ada jadi mubazir yah pake yang itu ajah deh.. sebelumnya disimpen sampe bener2 nyampe suhu ruang. Alhamdulillah sih si mereng ini berhasil.

Chocolate Swirl Meringues
====================
Source: Taste
Makes 6
(Untuk 6 porsi (besar), 10 porsi (kecil))

4 egg whites
225g caster sugar
1 tsps cornflour
1 rounded Tbs cocoa powder
thickened cream to serve
Preheat the oven to 150C fanbake.
Line a baking tray with baking paper.
Put the egg whites and caster sugar in a large heatproof bowl and sit over a panof simmering water.
Don't let the bottom of the bowl touch the water or theegg whites will scramble.
Stir with a wooden spoon until the sugar hascompletely dissolved and the mixture is quite hot to touch, then immediatelyremove from the heat.
Whisk egg white mixture using a hand-held electric beater for about 10-15minutes until very thick, white and glossy.
Mix in the cornflour.
Sieve inthe cocoa powder and, using a large metal spoon, very lightly fold into themeringue using 2-3 strokes.
Don't mix it thoroughly.
Spoon the mixture (you can pipe it with the piping bag, if you wish-ab) on to the prepared baking sheets in 6 large spoonfuls, making each one as peaky aspossible (don't have to do this when you want to make 10 smallmeringues-ab).
Put the baking tray in the oven, reduce the temperature to120C and cook for 1 hour 15 minutes.
Turn off the oven and leave the meringues inside until completely cold.
Serve with thickened cream.
----------------------
4 putih telur
225 g gula kastor
1 sdt tepung maizena
1 sdM coklat bubukthickened cream untuk sajian
Panaskan oven suhu 150C fanbake (kalo ga punya fanbake pake 120C aja,setting bake).
Campur putih telur dan gula di dalam mangkuk tahan panas yang diletakkan di atas panci berisi air panas.
Jangan sampai pantat mangkuk menyentuh air karena putih telur akan bergumpal-gumpal.
Aduk pakai sendok kayu hingga gula betul2 larut dan adonan terasa panas jika disentuh, lalu angkat dari kompor.
Kocok adonan putih telur dan gula ini menggunakan mixer selama 10-15 menit sampai betul2 kental, putih dan mengkilap.
Masukkan tepung maizena.
Ayak coklat bubuk, lalu masukkan ke dalam adonan meringue menggunakan sendok metal dengan 2-3 kali aduk.
Jangan aduk sampai rata.
Sendokkan (diijinkan menggunakan piping bag-ab) ke atas loyang 6 buah.
Buatlah setiap tumpukan setinggi mungkin (kecuali jika ingin membuat 10 buah meringue kecil-ab).
Masukkan ke dalam oven, turunkan suhu seketika ke 120C (yang tadi menggunakan 150C fanbake, jika yang menggunakan setting bake 120C tidak perlu menurunkan suhu oven lagi) dan panggang selama 1 jam 15 menit(tergantung panasnya oven masing-masing ya-ab).
Matikan oven dan tinggalkanmeringe di dalamnya sampai betul-betul dingin.
Sajikan dengan krim kental.

kbb 4

waduh... baru nyadar step pengadukan coklat ke adonan ngga difoto.. :(


Btw, berhubung sy pribadi doyaaaannnnn banget sama yang namanya schumpjes (duh, ngejanya susah amat sihh.. ) dan orang dirumah pun sama hobinya, alhasil bikin si mereng ini sampe 4 kali!! hehehehe... emang sih sekali bikin cuman 1/2 resep tapi berhubung ukurannya ngga gede-gede, jadinya si mereng dapet sekeler penuh.


Pertama kali percobaan alhamdulillah langsung sukses... *jingkrak-jingkrak* dan ngga nunggu lama si toples udah kosong.. hehehe...

Percobaan kedua, ngga sempet foto-foto pas lagi bikin step2nya. Rencananya foto dulu hasil akhirnya.. ehhh.. persediaan krim kental di kulkas abis. Yasud, foto2 bugil dulu deh.. hihihi

o iya, wkt bikin yang ke-2 ini, hari lagi deres2nya ujan. Itu loh.. pas di bandung lagi hobi jam 10-11 puanaassss trus jam 1 tiba2 hujan guedeeeee.. Selain ujan, ternyata orang dapur pada bandel, dibilangin jangan masak aer, nasi dll yang berhubungan sama uap air.. eeehh.. ditinggalin bentar trus pas balik lagi itu kompor udah penuh sama barang-barang begituan.. argggghhhh..

But, so far.. ngga ngaruh sama si mereng.. :D senangnya...

Percobaan ketiga..

nah, ini yang rada aneh bin ajaib. Hasil akhirnya berbeda sama yang sebelumnya. Kering sih dalemnya mah, tapi luarnya cepet banget nempel2 ditangan. Disimpen bentarrr aja diluar toples langsung nempel2 gitu deh. Kenapa yah??

Diinget-inget... mungkin ga pengaruh pas lagi proses au bain marie? Soalnya entah kenapa, padahal air di wajan cuman dikit.. eh diliat2 kok ada beberapa gelintir putih telor mateng gituh.. ngga banyak siih, masih bisa diangkat. Kayaknya sih si uap air bener2 panas jadinya bikin putih telor mulai ada yang mateng.

Trus nih.. manggangnya waduh.. lamaaaa banget. Udah 2 jam lebih, waktu ditengok dan dijawil lohhh kok kenyal2 kayak karet gitu loh. (stt.. Ezza, ternyata yg wkt itu kita sms-an, jadinya malah ga sukses oi.. sori ngga ngasih tau lagi hasil akhirnya :D )

Percobaan keempat
*doyan apa maruk..?? * :P

alhamdulillah.. kembali lagi ke proses awal, ga ada halangan yang berarti. Kecuali masukin si coklat bubuk yang susah kalo ngga mau adonannya berubah jadi coklat muda. Akhirnya ngga diaduk samsek deh, kan pas kita nyendokin adonan udah keaduk2 gitu.

Setelah si mereng jadi, toplesnya langsung diumpetin.. hehehe.. trus bilang ke Salma kalo mereng yang ini jangan dimakan dulu soalnya mau dipoto.. :D


Chocolate Swirl Meringue




sampe ketemu di KBB # 5...

daaaahhhh...

13 comments:

yohana said...

mbak sofie....
meringuenya cantik.... fototnya juga makin hari makin keren..... hasil kursusnya bener2 di praktekin ya...

ezza said...

Sofie....
aseli tuh mereng cantik banget.. sesuai namanya..
fotonya keren loh..
duh si bu dokter mau buka studio foto sendiri ya setelah punya klinik ma toko kue..
hehehe..

eliza said...

hahah, kamu emang doyan kali sampe nyoba 4 kali :D aku bikin satu aja udah cukup, manisss..
meringues mu cakep koq...

Sofie said...

Yohana :
thanks yaah..
iya nih, kursus F&B wkt itu bener2 bermanfaat banget dehh.. :D

Ezza :
'ma kasih Za,
foto studio? hihihi...

Eliza :
iya bener.. doyannnn bangettt :D
dulu biasanya kalo beli mereng, 1 kantong bisa abis sendiri.. hehehe

Sheila said...

Ini dia nih mereng yg hasil akhirnya sukses! Keliatan banget swirl-nya. Keren, Fie.

Arfi Binsted said...

iyee canteeeeek! menul-menul hihihi.. jadi pengen bikin lagi nih, sof!!

makasih udah komitmen dan posting tepat waktu ya.

cheers,
ab

Sofie said...

Sheila :
penuh perjuangan bikinnya Sheil, sampe bikin 4x!!.. anyway, thanks yaa.. :D

Arfi :
Mba... 'ma kasih yah. Wah, kalo mba arfi yang bikin pasti deh super duper kerennn..
sama2 mba :D

Widya Hidayat said...

Bener2 niat banget dweh sampe bikin 4 kali, hehehe - sukses mba Sofie...

regina said...

hore ada yang rajin bikin :D

thanks for sharing the experiences. yg gini2 nih yang kutunggu dan penting untuk diperhatikan :D

Andrie Anne said...

Wow..bikin ampe 4 kali Mba? Hasilnya emang mantaaff Mba..pengen nyomot deh..

Sofie said...

Widya :
hihihi.. selain karena doyan, ntu mereng selalu langsung ludez padahal belom dipoto, jadinya alesan buat bikin lagi dan lagee.. :D

Regina :
thx jg loh Reg, udah sharing info & tips ttg mereng.. jadinya ga takut lagi kalo bikin.
Perlu diperhatikan apanya nih hehehe.. :D

Anne :
mba Anne, silahkan dicomot..hehe :D
thx yah

Ayu said...

Mbak Sofieee, hebad banged dicobain sampe 4 kali. Wow. Hasilnya emang cantik banged, 'dapet' bgd ya motif marmernya. Punya saya coklad thok, hihihihi ;p Jadi pengen bikin lagi deh :))

elsye said...

sooofff...asli aku belum mampir tie kamari...puntenn :D, btw merengnnya bagus pisan say....marmernya keliatan banget :D suksesss buuu

Blog Widget by LinkWithin