Sunday, January 31, 2010

Pirate Cupcake

Suka ngiler ngga siih kalau liat hasil karya temen2 di dunia maya yang pada bikin cupcake? duh.. hebat2 lah pokoknya mah. Sering bermimpi suatu hari bisa bikin kayak gitu juga. Masalahnya saya tuh ngga ada kemampuan imajinasi yang kuat, dan ngga bisa mendesign sesuatu. Ancur pasti..

Tapi tetep saja nih, meskipun kemampuan kurang, impulsive buyer tetep berjalan wakakwkwkw.. Fondant ada, cookie cutter punya macem2, pewarna juga ada, kemaren malah baru beli fondant tools *oopss..*. Naahh, berhubung mood untuk baking udah mulai bersemi kembali, ngga tahan deh buat nyobain ini dan itu. Jadi ngajakin Salma deh buat ngisi hari minggu kita dirumah. Dia sih seneng aja, wong doyan banget ngehias2 kue.

Pirate cupcake

Base cupcakenya pake orange cake, hasil modifikasi sendiri. Tadinya mau rasa pandan, tapi lagi males bikin air suji + pandannya. Jadi bikin rasa jeruk aja, dengan resep dari cake pandan kelapa yang pernah saya buat. Setelah nyiapin bahan2, kok rasanya ada yang aneh. Ternyata diresep itu ngga pake mentega, karena sudah ada santan. Sedangkan santannya sendiri saya ganti sama susu. Waahh.. gimana ini? akhirnya nekat si resep dirombak aja. Ditambahin mentega cair, gulanya pun ditambah takarannya.

Orange cupcake
By Sofie modifikasi dari sini

Bahan
3 butir telur
100 gram gula pasir
100 gram tepung terigu protein sedang
50 cc susu cair
2sdm konsentrat jeruk (sy pake sunquick)
100 gram mentega, cairkan

Cara :
Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang
Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata.
Masukkan susu yang sudah diaduk dengan konsentrat jeruk, dan mentega cair sedikit demi sedikit. Aduk perlahan.
Masukkan kedalam cetakan cupcake.
Panggang dengan suhu 190 derajat C, kurang lebih 20 menit atau sampai matang


Hasilnya? Lumayan juga :D. Empuk, dan yang penting ngga bantet hehehhe... Cuman memang kelemahan pake spongecake untuk cupcake tuh jadinya mingpes dan berkerut. Karena ukurannya jadi mengecil saya keluarkan dari wadahnya dipindahin ke wadah yang lebih kecil, dan untungnya pas.. :)

4 comments:

Ema said...

cakepp sof..., eh udah brp bulan sih kehamilannya..???

Arkenzy said...
This comment has been removed by the author.
Sofie said...

nuhun Teh..
skrg udah masuk bulan ke-5 :)

Susy Barrat said...

duhh cakep semua photo2nya..
paling suka ama cupcake deconya..

Blog Widget by LinkWithin