Sunday, April 4, 2010

Klepon

Tiba-tiba ada yang request minta dibikinin klepon. Sebenernya belom pernah sih bikin sendiri. Masalanya makanan kayak gini di Bandung sih gampang banget nyarinya. Tinggal beli trus langsung haphap hap dan kenyang deeh...
Lah, disini? Ngga ada toko khusus yang jualan jajanan pasar. Mungkin banyak sih yang suka bikin snack rumahan, tapi sepertinya buat pesenan atau buat ngisi snack kantor. Katanya sih suka ada jualan di pasar, tapi kok ngga pernah nemu ya? Aah.. lagian males juga ya belinya kalau beli di pasar basah hehehe...

Akhirnya bikin sendiri deh, berdua bareng Salma kita berkutat membuat klepon. Dari mulai metik daun suji dan daun pandan sampe memeras airnya ya neng Salma yang ngerjain :D.

Klepon


Klepon
Sumber : Fatmah Bahalwan

Bahan:
250 gr tepung beras ketan
50 gr tepung beras putih
80 ml air daun suji (saya pake air perasan daun suji dan daun pandan)
2 sdt air kapur sirih
100 gr gula merah, sisir
½ btr kelapa, kupas, parut
¼ sdt garam
1 ltr air (saya pakai secukupnya, ngga diukur hehehe..)

Cara membuat:
- Campur tepung beras ketan dan tepung beras putih, aduk rata. Sisihkan.
- Campur air daun suji dan air kapur sirih
- Tuangi tepung dengan campuran air daun suji, aduk dan uleni hingga menjadi adonan yang liat.
- Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri sedikit gula merah, rapatkan dan bentuk bulat menyerupai bola.
- Masak air hingga mendidih, celupkan bola-bola kelepon, biarkan hingga matang dan mengapung.
- Angkat, langsung gulingkan dalam kelapa parut yang sudah dibubuhi garam.

Adonan klepon

Rasanya eennnaaakk.... kita cuman bikin setengah resep saja, itupun lumayan banyak jadinya. Ada berapa yah ngga dihitung euy.. Yang pasti yang masuk mulutnya Salma ngga kehitung deh.
Hhhmm... warna hijaunya ternyata kurang jreng nih. Padahal udah dibikin dari 20 lembar daun suji ditambah 5 lembar daun pandan. Masih kurang gitu? Memang sih daun sujinya ngga terlalu besar-besar, dan ngga hijau tua banget. Mungkin harus ditambahin, atau kalau mau ditambah pewarna hijau deh..

klepon


Oya satu lagi, gula merahnya kenapa ngga menjadi cair yaa?? Yang ada difoto pertama sih saya agak curang. Karena untuk kepentingan motret memotret dan keindahan pemandangan *bahasanya ga kuaaatttt...*, jadi si gula merah diancurin dan dilelehin trus dicukurin balik kedalam kleponnya huehehehehe....
Nah, setelah kita pada kenyang membabat semangkuk penuh klepon. Ada beberapa klepon yang kita masukn ke kulkas. Trus setelah beberapa lama didalam kulkas sana, pas dimakan lagi eeehh ternyata si gejrotan gula merahnya muncul.. hooorrrrreee... tapi sayang tinggal beberapa butir saja :))
Kenapa bisa begitu ya? Apa yang awal-awal dimakan karena masih panas si kulitnya dan si gula merahnya belom sempet mencair? Atau menyisir gulanya kurang halus?

Aaahhh.. .sudahlah.. yang penting yuuummmyyy...
Makan lagi yuk :D

klepon

No comments:

Blog Widget by LinkWithin