Saturday, November 3, 2007

Browpang dan Tiramisu.... (laporan lebaran)

Menjelang Lebaran kemaren, karena dirumah udah banyak yang ngirim cake lebaran jadinya ngga semangat deh buat praktekin resep. Tapi ponakan2 pada kepengen tiramisu, ya udah deh bikin itu aja. Bermodal resep dari latbar cake international Teras Kuliner beberapa bulan yg lalu, mulailah sy dibantuin Shobrin, si keponakan yang cantik, bikin si tiramisu dengan semangat 45.

Setelah jadi (belum diicip tuuh..), langsung masuk freezer. Tadinya mau dihias malem2 tapi apa daya ngantuk banget, jadinya baru dihias setelah kita pulang Sholat Ied. Jadinya ngehiasnya asal jadi aja, sret-sret.. tabur coklat bubuk, serut coklat blok, dihias strawberi dipojoknya.. beres!

Hasilnya sih ada yang bilang enak, ada juga yang bilang terlalu ngeju. Wah... rasa tiramisu saat latbar itu udah lupa lagi kayak apa. Tapi mungkin kayaknya harus dikurangi mascarpone-nya deh. *Teh Uceu... tuluuuung...* :)

Tiramisu
=======
by : Teras Kuliner Bandung

Mousse tiramisu
Bahan :
5 bt kuning telur
180 gr putih telur
100 gr gula pasir
5 gr gelatin bubuk (± 1 sm)
250 gr whipped cream
500 gr mascarpone
Cara membuat:
Kocok whipped cream. Sisihkan
Larutkan gelatin dengan sedikit air hangat. Sisihkan
Kocok putih telur dan gula sampai kaku.
Masukkan gelatin kedalam kocokan putih telor. Sisihkan
Ditempat terpisah kocok kuning telur
Masukkan mascarpone + whipped cream --> aduk
Coffee syrup:
buat larutan dari nescafe + gula + air (kepekatan kopi sesuai selera masing2).
Lady finger secukupnya
Penyajian:
Susun lady finger perciki larutan kopi kemudian beri campuran mascarpone.
Lakuka berulang-ulang sampai adonan habis
Hias sesuai selera
Nah, abis itu persiapan mudik ke Garut. Dipikir2 perasaan keluarga disana belom pernah nyobain brownies panggang bikinan sy nih.. Akhirnya, malem2 dengan badan pegel dan nguantuk karena banyak tamu sampe sore, dipaksain bikin deh.

Loyang brownies kan cuman punya 2 biji, padahal bikinnya 2 resep. Alhasil giliran deh masuk ke ovennya. Cerita laennya nih, sy kan orangnya termasuk yang rada-rada penakut hihihi... Sok keueungan orang sunda bilang mah, jadinya kalau udah waktunya ngeluarin kue minta anter suami ke atas (dapur ada diatas, sedangkan kamar kita dibawah.. Lucu yah? Soalnya rumah mertua ini adanya dilereng gitu). Abis udah tengah malem... serem ah! hihihi...

Ceritanya udah beres nih ke-4 brownies, masalahnya itu kue belum pada dingin. waduh gimana dong.. kalau nanti minta ditemenin lagi ke atas, pasti diomelin. Akhirnya semua kue diboyong ke kamar, bukan kamar tidur tapi ke kamar komputer hahahha. Waaah.. itu yang namanya kamar jadi serasa pake pewangi dengan harum baru, harum brownies..!!




Subuh-subuh kita udah siap2 pergi menuju Garut, my home town.

Garut... Here we come...

(Ada yang udah berkunjung ke Garut???)

No comments:

Blog Widget by LinkWithin