Sunday, November 4, 2007

Cerita seputar MudiK

Kalau bicara soal mudik, rasanya tidak lepas dari yang namanya kehebohan barang bawaan, oleh-oleh, dan tentu saja... MaCet...!!! Dimana-mana pemandangannya antrian mobil (sekarang mah jadi antrian motor juga) melulu.

Waktu mudik kemaren, kita udah prepare kalau mau pergi harus pagi banget. Targetnya jam 6 harus udah pergi dari rumah (prakteknya melenceng dikiiit :P ). Bener aja, jl pasteur yang biasanya jam2 segitu masih lengang banget, waktu itu udah mulai berseliweran mobil2 yang keliatan penuh orang dan muatan barang.

Keluar pintu tol cileunyi mulai terasa padet. waah... mudah2an lancar nih. Tapi berhubung saat masuk Cicalengka bener-bener terlihat antrian panjang, akhirnya kita memutuskan lewat jalan alternatif Cijapati aja.

Alhamdulillah... lancar sampai Garut.

Yang asik kalau udah di Garut adalah wisata kulinernya dong. Nostalgia makanan kampung halaman :).

Oke deh, sy ceritain satu-satu yah makanan yang sering kita makan terutama kalau lagi mudik gini nih.. (tapi sayang, ga ada fotonya)

1. Kupat Tahu

Sebenernya kupat tahu ini ada beberapa yang terkenal enak. Tapi yang jadi favorit keluarga adalah Kupat Tahu Gunung Lumbung. Namanya lucu yah? Sebenernya gunung lumbung itu nama jalan tempat dia jualan. Apa sih yang istimewa dari kupat tahu ini? Tentunya menurut lidah saya sih, beda dengan kupat tahu yang biasa dimakan di Bandung. Kupatnya lembut banget, tapi tidak benyek, alhasil kalau dimakan tidak terasa "full" dimulut. Tahu yang dipake tahu putih kotak. Tahu ini kalau diicip tanpa bumbu, rasanya sih sedikit hambar yah, beda dengan kalau kita makan tahu cibuntu yang rasanya gurih banget. Tekstur tahu setelah digoreng jadi berongga-rongga. Bumbu kacang bener-bener spesial deh. Lembut dan rasanya pas banget! Ada satu lagi nih yang khas, kecapnya asli bikinan Garut. Mereknya cap Kunci. Coba deh cari kecap merek ini di Bandung, perasaan sih belum pernah nemu. Dan rasanya udah pasti enyak doong.. Dulu waktu masih kuliah, sy dan kakak-kakak selalu pesen dibawain kecap Kunci ini dari Garut. Hehehe..

Kupat, tahu, toge, bumbu kacang, kecap dan kerupuk jadi paduan makanan yang hmmm enakkk...

2. Soto Ahri
Soto ahri buka jam 6-12 siang. Dia jualnya di gang kecil di jalan Mandalagiri. Ternyata sy baru tahu kalau dia buka cabang di Buah Batu, Bandung. Hebat yaa.. Enak loh, dagingnya empuukkk, rasa kuahnya pas. Kalau kata Pak Bondan : maknyussss :)

3. Bakso Ikah
Nahhh... ini favorit dari sejak kecil, gara-gara sering dibawa makan sama bibi (adik mamah) yang maniak bakso. Bener2 enak deeeh, kuahnya spesial, basonya produksi sendiri jadi full daging ngga berasa aci samsek, ditambah pake "tulang rangu" kalau orang sunda bilang mah. Itu loh yang nempel-nempel ditulang sendi sapinya. Terus nih yah, ngga manteb kalau ngga pake sambel kacang. Hhmmmm nyam-nyam.. Jadi kepengeennnn. Kalau lagi hari-hari lebaran/liburan, bisa terjadi antrian panjang deh. Soalnya tempatnya dari dulu ngga pernah digedein, maklum.. ini juga adanya dijalan kecil. Nyimpen mobil dipinggir jalan, terus masuk ke jalan bekas rel KA jalan kaki deket sih paling juga 30m. Nah sebelnya, lebaran kemaren ngga sempet kesana berhubung banyak acara... hiks!

4. Bubur Panjiwulung

Bubur panjiwulung karena adanya di jalan panjiwulung. Tokonya di paviliun rumahnya. Ada 1 yang jadi favorit sy : Bubur kunyit. Bukan kunyit si bumbu kuning, tapi kunyit buat makanan burung.. hihihi.. Menurut info sih emang sering juga mentahnya dipake buat burung (bener ngga ya?? :D ). Tapi sungguhan da, enak banget.. Kentel banget, ngga terlalu manis, teksturnya kayak butiran pasir kasar lah. Makannya ngga usah dikunyah, langsung diemut dimulut.. SedaPPP. Bubur lainnya dia jual juga sih, Biji Salak, Bubur Ketan Item, Bubur lemu, hmm apa lagi ya?

5. Goyobod

Ini sejenis minuman. Isinya nih ada kolang-kaling, roti, hunkue yang dipotong-potong kotak, kelapa, alpukat, dan airnya pake susu dan sirup warna frambozen. Slurrrpp... Dimakan dingin2, waah nikmat deeh. Yang jadi favorit dan paling terkenal yang biasa mangkal di depan LP seberang alun-alun. Goyobod yang ada di Bandung belum nemu yang enak dan original hehehe...
6. Surabi

Surabi tepung beras dimakan pagi-pagi buat sarapan.. waaah asik banget tuuh. Abis subuh biasanya si ibu tukang surabi (orang sunda mah bilangnya sUrabi bukan sErabi) udah nongkrong di pinggir jalan. Ukurannya jumbo, isinya ada oncom, abon, polos atau telur. Yang belom pernah dicoba adalah isi telur.. takut eneg. Yang laennya mah top markotob lah. Tepung berasnya bener2 kerasa dan empuk banget. Dimakan sama gorengan kacang. Dulu sy kalau makan surabi ada tekniknya, surabi dialasin dan ditutupin pake gorengan (jadi ada ditengah2 gitu deh) pas dimakan... kriuk kres.. nyam.. :)

7. Dodol

Kalau yang ini mah pasti semuanya udah pada tahu dong. Saya sih beli ini cuman pas mau pulang aja buat oleh-oleh orang rumah. Udah ngga doyan, keburu kenyang liatnya. Dimana-mana dodol. Rekomen sy sih beli yang selain dodol yang udah banyak dijual di SPM yah. Masih banyak kok yang enak. Misalnya nih : dodol kacang merah. Bentuknya lebih besar dari jari telunjuk lah (jari telunjuk sy lah yang langsing ini heheheh..), dibungkus daun jagung. Rasanya enak banget. Atau Ladu, ini juga enak koq, bentuknya segitiga dibungkus pake kertas minyak putih, terbuat dari tepung ketan item dan entah gimana prosesnya dan yang khas dia berbedak terigu (?).
8. dsb.. dsb...

waah ... masih banyak ternyata yang belum keceritain. Nanti deh disambung lagi (kalau inget :D). Dan kayaknya emang lebih asik kalo ada fotonya yah....

Ada yang lupa nih..

Kita sempet makan di restoran baru (maksutnya baru kita datengin :P), soalnya aneh aja sih kalo lagi di Garut trus makannya di restoran. Tapi konsep resto yang ini emang unik sih.. ada ditengah sawah dan kolam, nuansa desa banget, bisa dengerin kecapi, dan kalo belum pernah naek kerbau silahkan.. disana disediakan 2 ekor sekaligus.. hehehe... (eh bukan humasnya loh yaaa...)




Semua peralatan makan bener-bener pake barang jaman dulu. Teko belang, gelas bercangklek (eh jadi inget jaman TK dulu suka dikasih susu pake gelas kayak gini hehhe...), dan piring yang ada gambar bunga2nya. Lucu pisan nya?






Berhubung udah mulai sore dan angin berhembus cukup kencang, kita pesen minuman jeruk anget dan bandrek. Duuh... tiba-tiba jadi inget "Jeruk Super" yang di Magelang... hmmm sedappp.

Dan yang pasti Salma seneng banget disana. Bisa lihat ikan banyak banget dibawah tempat makan, terus ada tempat main pula :D

No comments:

Blog Widget by LinkWithin